Home > METRO BERITA > Antisipasi Arus Mudik, Pemkab Semarang Perbaiki 12 Jalur Alternatif

Antisipasi Arus Mudik, Pemkab Semarang Perbaiki 12 Jalur Alternatif

tol ungaran bawen

UNGARAN- Perbaikan jalur alternatif untuk arus mudik yang masih rusak terus dikebut. Ada 12 jalur alternatif yang disiapkan untuk arus mudik Lebaran 2014 di Kabupaten Semarang, tetapi masih ada sejumlah ruas yang rusak dan masih dalam perbaikan.

Kepada DPU Kabupaten Semarang, Totit Oktoriyanto mengatakan, secara umum kondisi jalan di wilayah Kabupaten Semarang yang dijadikan jalur alternatif siap dilewati pemudik untuk menghindari kemacetan arus lalulintas di jalur utama. Namun masih ada ruas jalan yang saat ini masih dalam perbaikan.

“Ada 12 jalur alternatif di Kabupaten Semarang, tetapi masih ada ruas jalan yang saat ini masih dalam perbaikan,” tutur Totit, Rabu (16/7) kemarin.

Jalur alternatif yang masih dalam perbaikan antara lain ruas jalan Langensari (Ungaran)-Gebugan (Kecamatan Bergas), ruas Bedono(Jambu)-Lanjan(Sumowono). Selain itu ada lagi ruas Bedono-Rejosari (Jambu) sudah dilakukan penambalan lubang-lubang jalan. Ada juga jalan kampung di Rejosari-Kebondalem (Jambu) yang sering digunakan sebagai jalur alternatif yang juga masih rusak. Sehubungan ruas tersebut masuk sebagai jalan lingkungan, maka DPU tidak melakukan perbaikan.

“Kerusakannya tidak begitu parah. Namun kita tidak menangani di ruas tersebut karena itu jalan kampung. Kalau dtangani bisa dobel anggaran,” katanya.

Totit menambahkan, sebenarnya paling banyak pemanfaatannya adalah jalur alternatif di kawasan Ungaran. Hanya saja pada mudik lebaran tahun ini diperkirakan akan berkurang pemanfaatannya. Sebab sudah ada jalan tol  Ungaran-Bawen dan jalan utama Ungaran-Bawen saat ini kondisinya sudah bagus.