Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Antisipasi Bencana, Benda-benda Ini Wajib Anda Siapkan di Kamar Tidur

Antisipasi Bencana, Benda-benda Ini Wajib Anda Siapkan di Kamar Tidur

METROSEMARANG.COM – Dalam sehari dapat dipastikan Anda menghabiskan sepertiganya di kamar tidur. Masalahnya, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi selama kita istirahat atau sedang tertidur.

Senter perlu disiapkan di kamar tidur Anda
Senter perlu disiapkan di kamar tidur Anda

Hal yang kerap terjadi, saat peristiwa seperti halnya bencana alam, posisi orang yang sedang tertidur akan sulit mengantisipasinya. Kita tentu sangat tidak berharap peristiwa seperti halnya bencana alam terjadi di saat kita terlelap, tapi tentu bukan hal yang salah jika kita selalu waspada.

Berikut ini beberapa antisipasi yang bisa dilakukan dengan kamar tidur kita jika sewaktu-waktu terjadi peristiwa darurat, seperti dirangkum dari rumahku.com.

Pertama, setiap kamar di rumah Anda sebaiknya memiliki lampu senter. Pastikan menyimpannya di tempat yang mudah ditemukan, dan pastikan juga baterai dapat berfungsi dengan baik. Lampu sangat rentan mati saat terjadi bencana alam, jadi fungsi senter akan sangat terasa manfaatnya bagi Anda.

Selanjutnya, Anda juga dapat menaruh telepon genggam dalam jarak yang mudah diraih dan ditemukan. Jadi jika tiba-tiba terjadi hal yang tidak diinginkan Anda dapat menggunakannya untuk menghubungi seseorang.

Sistem keamanan lain yang Anda perlukan adalah pendeteksi asap. Guna meminimalisir bahaya kebakaran, Anda dapat memasang pendeteksi asap di rumah Anda, sehingga saat bahaya kebakaran mengintai, pendeteksi asap akan segera memberi sinyal alarm pada Anda.

Hal lain yang harus Anda siapkan adalah alas kaki. Pastikan di kamar tidur Anda selalu tersedia alas kaki, sebab bencana alam layaknya gempa akan menghancurkan banyak benda dan barang. Tentunya Anda tak ingin kaki Anda tertatih-tatih karena menginjak pecahan kaca saat menyelamatkan diri.

Lalu, benda lain yang dapat membantu adalah tangga darurat. Apabila rumah Anda tingkat dua, sangat wajib bagi Anda menyimpan tangga darurat di dalam kamar Anda.  (*)