Home > METRO BERITA > Antisipasi Lonjakan Kendaraan Libur Idul Adha, Basarnas Kerahkan Heli Dauphin

Antisipasi Lonjakan Kendaraan Libur Idul Adha, Basarnas Kerahkan Heli Dauphin

METROSEMARANG.COM – Regu penyelamat mulai mengerahkan sebuah helikopter Dauphin di Bandara Internasional Ahmad Yani untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan selama long weekend Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah nanti.

Heli Dauphin Basarnas
Heli Dauphin Basarnas

Agus Haryono, Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang menuturkan bahwa Heli Dauphin sengaja disiagakan guna mendukung kelancaran evakuasi bila terjadi kecelakaan lalu lintas yang membutuhkan evakuasi serba cepat dari udara.

“Dengan penanganan serba cepat itu, kami berharap pengguna jalan raya bisa merasa aman dan nyaman, selamat sampai tujuan,” kata Agus saat dikontakĀ metrosemarang.com, Jumat siang (9/9).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan personelnya juga diterjunkan di gerbang Exit Tol Brebes Timur (Brexit) untuk mengatasi penumpukan kemacetan di semua ruas jalan tol tersebut.

Personel SAR yang ditempatkan di Brexit kebanyakan telah mengantongi kualifikasi Vehicle Accident Rescue. Siaga SAR guna mendukung program Kemenhub dan Polri dalam pengamanan arus mudik Idul Adha 2016 yang diperkirakan meningkat mulai hari ini.

“Kami mendirikan posko Basarnas dan Tim SAR gabungan mulai hari ini, Jumat hingga SeninĀ biar bisa mengantisipasi lakalantas yang butuh evakuasi khusus,” tutupnya. (far)