Home > METRO BERITA > ‘Antisipasi Macet, Menyiapkan Infrastruktur Jalan Saja Belum Cukup’

‘Antisipasi Macet, Menyiapkan Infrastruktur Jalan Saja Belum Cukup’

METROSEMARANG.COM – Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas saat arus mudik Lebaran, selain menyiapkan infrastruktur jalan pemerintah perlu melakukan pengawasan dan pengaturan. Salah satunya menyiapkan jalur alternatif mengingat setiap tahunnya volume kendaraan meningkat.

Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok

Pengamat transportasi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Bambang Pudjianto mengatakan, permintaan kendaraan dan penyedian jalan belum sebanding. Maka harus diimbangi dengan pengaturan, pengawasan dan penyediaan jalur-jalur alternatif.

‘’Data dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, arus mudik tahun ini penggunaan mobil pribadi diperkirakan mencapai 3,48 juta. Lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 3,06 juta atau diprediksi meningkat 13,92%,’’ ungkapnya, Minggu (18/6).

Begitu pula penggunaan angkutan pribadi lain seperti sepeda motor yang 2016 lalu tercatat 5,14 juta, diperkirakan meningkat menjadi 6,07 juta atau bertambah 18,18%.

‘’Upaya pemerintah saat ini memang sudah cukup bagus. Seperti memanfaatkan moda transportasi umum seperti bus untuk memberikan pelayanan mudik gratis. Tetapi langkah tersebut belum optimal untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi,’’ katanya.

Karena itu, pembenahan transportasi umum dan infrastruktur jalan harus berjalan seimbang dan beriringan. Angkutan umum seperti bus juga perlu diperbanyak. (duh)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link