Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Antisipasi Teror, Kodim Sukoharjo Siagakan Persenjataan

Antisipasi Teror, Kodim Sukoharjo Siagakan Persenjataan

image
Pemeriksaan gudang senjata di Makodim Sukoharjo. Foto Metrojateng

SUKOHARJO – Dandim 0726 Sukoharjo, Letkol Inf. Riyanto bersama sejumlah pejabat Kodim menggelar pemeriksaan senjata dan amunisi bahan peledak (muhandak) di makodim setempat, Senin (25/8). Hal itu dilaksanakan sebagai persiapan antisipasi aksi kejahatan dengan senjata api dan kerawanan pascapenetapan calon presiden terpilih oleh Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (21/8) lalu.

Menurut Dandim, dengan pemeriksaan senjata semacam itu, senapan dapat digunakan secara optimal saat dibutuhkan. “Seluruh kelengkapan yang berkaitan dengan senjata api dan muhandak kita periksa. Pemeriksaan  meliputi kebersihan senjata, keberadaan senjata,  kondisi senjata api, peluru yang digunakan, surat izin penggunaan senjata api,  sistem administrasi dan pengamanannya,” ujarnya.

Riyanto menegaskan, pemeriksaan itu memang rutin dilakukan. Dia mengakui, pemeriksaan senjata itu berkaitan dengan kondisi keamanan pascapenetapan calon presiden terpilih oleh MK yang lalu, termasuk  maraknya aksi teror yang terjadi di daerah lain dengan menggunakan senjata api.

“Kami terus melakukan pengecekan, pemelihara kesiapan peralatan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan,” tandasnya. (MJ-12)