Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Apakah Cara Mandi Anda Sudah Benar?  

Apakah Cara Mandi Anda Sudah Benar?  

ilustrasi
ilustrasi

Mandi merupakan langkah perawatan kulit yang paling awal dan paling mudah. Hanya saja, ada beberapa cara mandi yang justru dapat membuat kulit kering, misalnya karena menggunakan sabun yang mengandung terlalu banyak soda maupun cara menggosok handuk yang terlalu keras. Nah, untuk mendapatkan kulit bersih dan cantik setelah mandi, sebaiknya perhatikan 4 hal berikut ini ya.

1. Gunakan Shower Gel

Menurut Dermatologist Dr Abhijeet Desai, seperti dikutip dari wolipop, sabun cenderung membuat kulit kering karena sifat alkalinya. Gantilah sabun mandi yang biasa Anda pakai dengan shower gel atau body wash yang mengandung pelembab. Shower gel mampu membersihkan dan memberi rasa segar di kulit dan membuatnya lebih lembab. Shower gel juga lebih mudah diusapkan dan dibilas, dibandingkan sabun biasa.

2. Pilih Spons Mandi Berkualitas Baik

Spons mandi biasa digunakan untuk mengusapkan sabun ke kulit sekaligus mengangkat set kulit mati. Untuk hasil yang terbaik, gunakan spons yang terbuat dari tanaman Loofah. Loofah dapat membantu Anda membersihkan area tubuh yang sulit terjangkau, seperti punggung.

3. Jangan Menggosok Tubuh dengan Handuk

Setelah mandi, sebaiknya jangan gosokkan handuk ke tubuh. Cara ini dapat merusak kulit dan menghilangkan kelembabannya, serta membuat daki menempel di handuk. Sebaiknya, tepuk-tepukkan handuk ke tubuh lalu biarkan kering sendiri. Gunakan handuk berkualitas baik yang dapat menyerap air dengan sempurna.

4. Oleskan Pelembab

Setelah tubuh kering, segera oleskan krim atau lotion pelembab ke kulit tubuh Anda. Pelembab akan membentuk lapisan tipis yang membantu menjaga kelembaban dan kehalusan kulit sepanjang hari. Kandungan pelembab juga akan terserap lebih baik saat tubuh Anda masih dalam keadaan lembab setelah mandi. Kulit perlu diberi pelembab minimal dua kali sehari. Maka pilih produk pelembab yang sesuai jenis kulit Anda. (ren)