Home > METRO BERITA > Apes! Jual HP Canggih Dibayar Duit Palsu

Apes! Jual HP Canggih Dibayar Duit Palsu

METROSEMARANG.COM – Melakukan transaksi jual beli secara tunai tetap perlu kewaspadaan. Jangan sampai barang yang dijual dibayar dengan uang palsu, seperti yang dialami Riyanto (32) warga Kebonharjo Kota Semarang, Minggu (4/9).

Ilustrasi
Ilustrasi

Kejadian itu dialami Riyanto saat melakukan transaksi tunai secara COD (Cash On Delivery) dengan seseorang di Jalan Pemuda Kota Semarang, Minggu (4/9) sekitar pukul 11.30. Awalnya, handphone merek Lenovo seri A6010 milik adik kandungnya, Yulianingsih ditawar seseorang usai diiklankan di situs jual beli OLX dan Facebook pribadinya.

“Saya posting iklan di OLX sama Facebook, HP saya tawarkan dengan harga Rp 1.450.000,” kata Riyanto saat melapor ke SPKT Polrestabes Semarang.

Korban setuju bertemu dengan calon pembeli dengan penawaran harga Rp 1.400.000. Setelah bertemu dan melihat kondisi barang, pembeli yang datang berboncengan kemudian pamit sebentar ke ATM Mandiri yang berada di seberang jalan untuk menarik uang tunai. Usai dari ATM, pelaku pun menyerahkan uang sesuai kesepakatan dengan pecahan Rp 100 ribu.

“Setelah uang diserahkan, saya disuruh ngitung. Pas saya hitung orangnya langsung naik motor dan pergi,” katanya.

Saat itulah ia baru sadar jika uang yang ia terima ternyata palsu. Ia sempat mengejar ke arah Tugu Muda namun kehilangan jejak, hingga akhirnya memuluskan melapor ke Polrestabes Semarang. (din)