Home > METRO BERITA > GADGET & TEKNO > 3 Aplikasi Android Paling Dibutuhkan untuk Hape Tipe Sengsara

3 Aplikasi Android Paling Dibutuhkan untuk Hape Tipe Sengsara

Ini dia daftar 3 aplikasi Android paling dibutuhkan. Tidak berbayar, tanpa iklan, kecil, aman, dan tidak perlu root.

Berburu aplikasi Android paling dibutuhkan. Yang penting tetap "terhubung", tanpa root, dan hemat paket data. (Photo : MetroSemarang)
Berburu aplikasi Android paling dibutuhkan. Yang penting tetap “terhubung”, tanpa root, dan hemat paket data. (Photo : MetroSemarang)

TL;DR. Malas baca? Bisa langsung download 3 aplikasi Android paling dibutuhkan.

+ Youtube Music Download : https://goo.gl/6cQUuV
+ SlimSocial for Facebook : https://goo.gl/SHdxrf
+ AdClear : https://goo.gl/zTpmxC

Memilih Aplikasi Android Paling Dibutuhkan itu Tidak Mudah

Setidaknya ada 6 faktor mengapa memilih aplikasi Android paling dibutuhkan itu bukan pekerjaan gampang.

1. Playstore punya banyak pilihan, tetapi terlalu banyak.

Tidak mengherankan, orang lebih suka membuka Google daripada ke PlayStore, atau dengan cara membuka situs review aplikasi, atau yang paling sering, justru atas rekomendasi teman. Termasuk rekomendasi untuk tidak memasang.

2. Permintaan upgrade ke versi pro.

Tentunya berbayar. Sistem pembayaran aplikasi juga belum begitu familiar bagi pemakai Android di Indonesia.

3. Butuh koneksi WiFi.

Meskipun semakin banyak rumah dan ruang publik (kantor, sekolah, kafe) menyediakan fasilitas WiFi, tidak setiap saat orang terhubung WiFi.

4. Permintaan root dan optimasi sistem Android.

Aplikasi dengan fitur berbasis keamanan dan kecepatan, tidak jarang meminta akses root. Kebanyakan pemakai Android memilih jasa teman atau counter untuk melakukan root. Selain itu, kebanyakan pemakai Android tidak merawat sistem mereka dengan baik. Problem yang sering ditemukan adalah baterai cepat-habis, lambat, atau penuh aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan.

5. Menyesuaikan jenis dan tipe smartphone.

Pemakai kelas high-end, tidak ada masalah dalam menjalankan aplikasi, namun para pemakai Android versi sengsara, memilih bermain aman dengan tidak menginstall aplikasi tambahan, karena alasan memori rendah dan space internal sudah penuh.

6. Butuh space besar.
Aplikasi berjejaring sosial, dari pabriknya memang membutuhkan konsumsi memori dan space besar, misalnya: Facebook, Twitter, dan Instagram.

Banyak aplikasi Play Store yang semakin lama semakin butuh space besar. .
Aplikasi Facebook terbaru, 15 Juli 2016 kemarin, sudah mencapai versi 86.0.0.13.69, itupun dengan batasan minimal Android 5.0+, yang berarti membutuhkan persyaratan minimal operating system Android 5.0.

Orang memilih yang terbaru, namun belum tentu sesuai dengan tipe ponsel dan operating system Android yang dia punyai, sedangkan jika dia memilih aplikasi keluaran sebelumnya, ada kemungkinan dia tidak mendapatkan “user experience” (pengalaman-memakai) dan jaminan keamanan dari pabrik.

“Terbaru” berarti paling bagus dan paling aman, namun belum tentu berarti cocok untuk Android dalam genggaman.

6 Aplikasi Terpopuler di Google Play Store.

Ada 6 aplikasi terpopuler di Google Play Store saat ini: Blackberry Messenger (BBM), WhatsApp Messenger, ShareIt, Facebook Messenger, Facebook, dan Instagram. Disusul Line, Turbo Cleaner, Facebook Lite, Smule untuk Karaoke, dan UC Browser.
Memang UC Browser tidak masuk 10 besar aplikasi terpopuler, tetapi, menjadi browser terpopuler versi Play Store. Twitter, berada di urutan 77.
Daftar di atas, tentu bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung pilihan orang yang download melalui Play Store.

Harap diingat, tidak semua yang ditawarkan Play Store itu selalu bagus. Sekali lagi, sesuaikan kebutuhan, koneksi, dan tipe Android dalam genggaman.

Singkatnya, orang lebih memilih jenis aplikasi free, jalan lancar di koneksi berkecepatan rendah, tanpa perlu root, dan dapat dijalankan di tipe Android umum.

3 Aplikasi Terbaik untuk Android Tipe Sengsara

YouTube Music Download

Pernah merasakan betapa sengsara download YouTube dengan aplikasi, tetapi mendapat gangguan iklan dan paket data cepat habis? Tidak lagi kalau pakai YouTube Music Download.

YouTube Music Download dirancang untuk penyuka musik yang suka download musik dari YouTube.

YouTube Music Download v1.2.5. Bisa search, listen, download. audio format 128/320 format mp3/webm. Hemat bandwith, kalau hanya listen/download audio. Download : https://goo.gl/6cQUuV (Photo : xda-developers)
YouTube Music Download v1.2.5. Bisa search, listen, download. audio format 128/320 format mp3/webm. Hemat bandwith, kalau hanya listen/download audio. Download : https://goo.gl/6cQUuV (Photo : xda-developers)

Tinggal cari musik kesukaan di YouTube, sudah bisa dimainkan, walaupun aplikasi di-minimize di balik layar. Tidak menghabiskan bandwith karena aplikasi ini memanggil audio saja, tanpa memutar videonya. Kalau mau download video atau audio, tinggal tekan tombol download.

Ada pilihan resolusi dan bitrate sebelum Save ke memory card. Kualitas audio mencapai 320 kbps dalam format webm dan 128 kbps dalam format mp3. Sambil download, masih bisa dengar lagu, bisa pula menatanya dalam playlist untuk dimainkan secara offline.

Aplikasi berukuran 4 Mb ini sudah support codecs : m4a, webm, mp3, mp4, flv, opus, dll. serta support dijalankan di armeabi-v7a, arm64-v8a, mips, x86, x86_64.

YouTube Music Download lancar saat dipakai, nggak buffering apalagi kalau memakai koneksi WiFi.

Aplikasi ini tanpa iklan dan gratis.

Download YouTube Music Download v1.2.5
https://goo.gl/6cQUuV

SlimSocial for Facebook : 193 Kb Sudah Termasuk Messenger

Betapa sengsara kalau download Facebook harus menginstall Messenger terpisah. Selain itu, space kosong di Android jadi cepat habis. Sekarang, jangan biarkan itu terjadi lagi.

SlimSocial for Facebook mengatasi masalah yang sering dikeluhkan pemakai aplikasi Facebook standar.

SlimSocial for Facebook lebih kecil daripada Facebook Lite, di dalamnya sudah ada Messenger, bisa untuk chat, download download foto, share link, dll. Jalan normal mulai di Android 4.0.

SlimSocial for Facebook hanya 193 Kb, sudah bisa chat, dan semua fitur standar Facebook normal berjalan.
SlimSocial for Facebook hanya 193 Kb, sudah bisa chat, dan semua fitur standar Facebook normal berjalan.

Kalau di aplikasi Facebook Android, ukurannya besar, dengan SlimSocial ukurannya hanya 193 Kb. Lebih kecil dari Facebook Lite. Pemakai sudah bisa share, hanya dengan tekan-tahan link serta tekan tombol “Share”. Video bisa tampil full-screen. Bagi penyuka tampilan “dark”, sudah ada opsi ini di theme bawaan. Sudah tersedia dalam beberapa bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Jika berminat, Anda bisa mengikuti penjelasan tentang fitur “percakapan rahasia” di Facebook.

Menariknya lagi, terdapat opsi untuk mematikan pelacakan lokasi bawaan Facebook.
SlimSocial for Facebook sudah bisa untuk chat. Fitur perpesanan sudah aktif, jadinya pemakai tidak perlu menginstall Facebook Messenger secara terpisah. Hanya 193 Kb, aplikasi Facebook dan Messenger bisa dijalankan di Android.

Download SlimSocial for Facebook v3.5.4
Download dari Slim Social for Facebook di Play Store atau Google Drive

AdClear : Pemblokir Iklan di Browser dan Aplikasi

AdClear v5.0.15. Menghapus iklan terenkripsi dari Android, yang di browser dan di aplikasi. Jalan lancar tanpa perlu root Android.

AdClear untuk menghapus iklan terenkripsi dari Android, tanpa perlu root Android.
AdClear untuk menghapus iklan terenkripsi dari Android, tanpa perlu root Android.

AdClear dirancang agar Android bersih dari iklan, cocok kalau mau browsing tanpa iklan.

Prinsip kerja AdClear begini: AdClear membuat VPN di ponsel untuk memfilter lalu-lintas koneksi, antara ponsel dan browser atau antara ponsel dan aplikasi.

Itu sebabnya, walaupun browser dalam kondisi dikecilkan (minimize), AdClear tetap bekerja baik dan menjaga kebersihan koneksi dari iklan.

Bisa memblokir iklan terenkripsi yang kodenya selalu berubah dan biasanya sulit diblokir. AdCler jalan lancar baik dengan paket data (cell data) ataupun WiFi.

Bukan hanya iklan di browser yang diblokir, iklan aplikasi juga dilenyapkan dari pandangan. Pengguna masih bisa memfilter aplikasi mana yang akan diblokir dari iklan.

Asyiknya, AdClear bisa jalan di ponsel Android yang tidak di-root. Kalau iklan lenyap dan diblokir, tentu baterai nggak cepat panas dan bandwith lebih hemat.

Kecepatan koneksi bisa bertambah dan koneksi aman dari iklan.

Download AdClear
https://goo.gl/zTpmxC

Bonus : MeMu Android Emulator for Windows

MeMu kaya fitur dambaan pemakai Android yang suka game dan menangani pekerjaan dari desktop.

Memu Android emulator untuk Windows, tercepat. BlueStacks lewat jauh. Cocok untuk ngoprek aplikasi atau main game Android. Download : memuplay.com (Photo : Memu)
Memu Android emulator untuk Windows, tercepat. BlueStacks lewat jauh. Cocok untuk ngoprek aplikasi atau main game Android. Download : memuplay.com (Photo : Memu)

Selain tampilan aplikasi MeMu itu keren, pemakai bisa customize (atur-sendiri) alokasi memory, resolusi, model piranti, lokasi bilah pengarah, dan mode root. Nggak perlu repot nge-root, bisa menjalankan aplikasi Android tanpa batas.

MeMu mengenal sensor data (misalnya: accelerometer) Android, yang biasanya dibutuhkan saat bermain game ketangkasan dan kecepata. Tersedia simulasi GPS. Mau share aplikasi dari Windows ke Android, tak perlu aplikasi tambahan. Mau install .apk tinggal seret dan lepaskan. Yang lebih amazing lagi, MeMu bisa membuat, cloning, ataupun menghapus sistem Android dengan sekali klik. Ini berarti, pemakai bisa menjalankan beberapa Android dalam Windows secara bersamaan.

MeMu itu emulator Android terdepan. Lebih cepat daripada emulator BlueStacks dan Samsung Galaxy 6.

Pemakai bisa bermain game Android di Windows, chat lebih nyaman, melihat streaming televisi atau film, atau mencoba aplikasi .apk di jenis Android dan tipe gadget tertentu. Hanya 10 detik untuk membuka aplikasi ini.

Persyaratan Minimal :

+ Windows 7 SP1/Windows 8.1/Windows 10
+ GPU dengan OpenGL 2.0+ support
+ 1 GB memori bebas/free.
+ 2 Gb space kosong
*) Tidak disarankan menjalankan MeMu di aplikasi mesin virtual.

Download Memu Android Emulator for Windows
http://www.memuplay.com/

Punya rekomendasi lebih bagus?
Jika suka, bagikan artikel ini kepada kawan Anda.[d]