Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Aquascape, Seni Berkebun di Dalam Air

Aquascape, Seni Berkebun di Dalam Air

image
Septy, salah satu pengunjung galeri, penasaran dengan keindahan Aquascape (foto: Metro/MS-12)

SEMARANG – Unik sekali kegiatan ini. Mereka mengasah daya kreatifitasnya membuat miniatur alam di dalam aquarium. Tidak hanya itu, berbagai tumbuhan dan hewan di dalam aquarium tersebut pun dipelihara dengan baik. Kegiatan ini biasa disebut Aquascape.

Di Semarang, Aquascape mulai digemari. Bahkan saat ini di Kota Semarang sudah dibuka galeri khusus Aquascape. Galeri bernama Aqua Centro tersebut dibuka hari ini, Sabtu (30/8). Letaknya di Jalan Abdulrahman Saleh 198, Manyaran, tepatnya dekat SMP 19 Semarang.

“Keren. Baru tahu. Bisa ya bikin aquarium yang ada tumbuhan hidupnya,” kata Septy Mutia Qatadah, pengunjung pembukaan galeri.

Pengunjung lainnya, Imam, mengatakan ia sudah menggemari Aquascape dua bulan ini. Menurutnya, Aquascape adalah sebuah seni berkebun di dalam air, menciptakan sebuah ekosistem kehidupan di dalam aquarium, di mana kita belajar memahami tiap karakter tumbuhan yang kita tanam dengan memperhatikan suhu air, kadar air, pencahayaan, agar tanaman yang ditanam dapat tumbuh dengan optimal. 

“Kita juga harus sangat memperhatikan sebuah penataan batu atau kayu sebagai pelengkap imajinasi visual. Dari apa yang akan kita gambarkan kedalam sebuah aquarium agar kelihatan indah. Untuk menciptakan sebuah Aquascape yang sangat terlihat natural dan memiliki nilai estetik tinggi,” kata Imam, Mahasiswa Universitas Diponegoro, asal Pemalang.

Ia sendiri mempunyai sebuah Aquarium berkonsep Aquascape di kamar kosnya daerah Tembalang. Menurutnya, tidak mahal membuat aquarium tersebut. “Murah kok. Dibawah Rp 500 ribu dah jadi. Perawatannya juga mudah,” tuturnya. (MS-12)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link