Home > METRO BERITA > Sosialita > Arika Noormalasari: Merintis Persewaan Mainan Balita

Arika Noormalasari: Merintis Persewaan Mainan Balita

image
Arika Noormalasari. Foto Metrosemarang/Ade Lukmono

RASA sayang pada anak pertamanya membuat seorang ibu rumah tangga bernama Arika Noormalasari memberikan semua yang dibutuhkan anaknya. “Beberapa mainan bagus untuk perkembangan motorik anak. Jadi tidak ada salahnya memaksimalkan tunbuh kembangnya,” kata dia.

Namun, perkembangan tubuh yang cepat membuat mainan-mainan tersebut lekas ditinggalkan anak-anak. “Dia cenderung memilih mainan yang sesuai dengan masa kembangnya. Jadinya, mainan yang dulu tidak dipakai lagi,” tambahnya.

Ini membuat mainan bekas, seperti alat bantu jalan dan lain-lain menumpuk. Akhirnya dia mempunyai gagasan untuk menyewakan mainan-mainan tersebut. Dia yakin, banyak ibu rumah tangga lain yang mengalami permasalahan yang sama jika membeli mainan, yakni jangka pemakaiannya yang hanya dipakai dua sampai tiga bulan saja. Terlebih lagi, di Semarang masih sangat jarang jasa persewaan mainan untuk balita.

Ibu satu anak tersebut kemudian menambah koleksi mainannya untuk disewakan. Sampai saat ini, di ‘Baby Adha Rental’ terdapat lebih dari 200 mainan anak-anak. “Yang paling dicari biasanya kereta dorong, terutama ketika musim liburan,” kata dia.

Mainan-mainan tersebut juga tersedia untuk usia baru lahir hingga lima tahun. Selain anaknya tetap bisa bermain menggunakan mainan yang tidak disewa, dia juga bisa membantu ibu rumah tangga lain dengan cara menyewakan mainan daripada membeli. “Kalaupun membeli, harga mainan anak-anak relatif mahal, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah,” ujar Arika. (ade)