Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Armada Sail Raja Ampat Diangkut Lewat Pelabuhan Kendal  

Armada Sail Raja Ampat Diangkut Lewat Pelabuhan Kendal  

Pelabuhan Kendal (foto: Metro)
Pelabuhan Kendal (foto: Metro)

 

KENDAL – Pelabuhan Kendal yang belum dioperasionalkan mulai diujicoba untuk pengangkutan barang. Sabtu (09/08) siang, dua puluh lima armada yang akan digunakan untuk angkutan kegiatan Sail Raja Ampat 2014 pada akhir Agustus mendatang diangkut KM Kalibodri dari Pelabuhan Kendal.

25 armada yang akan digunakan untuk even Sail Raja Ampat 2014, mulai dikirim melalui Pelabuhan Kendal. Armada yang terdiri dari 20 bus dan 5 minibus diangkut menggunakan KM Kalibodri yang merapat di pelabuhan penyeberangan Kendal.

Pemberangkatan armada ini juga sebagai langkah uji coba lintasan pelabuhan yang belum secara resmi dioperasionalkan penggunaannya oleh Pemerintah Kabupaten Kendal. Satu-persatu armada bus dan kendaraan operasional Kementerian Perhubungan ini masuk ke KM Kalibodri yang berkapasitas lebih dari 30 kendaraan ini.

Kepala Seksi Angkutan Jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Rudi Irawan, mengatakan armada ini akan digunakan untuk angkutan peserta dan tamu undangan di kegiatan Sail Raja Ampat, 23 Agustus 2014 mendatang.

“Perjalanan yang akan ditempuh armada ini dengan menggunakan KM Kalibodri selama lima hingga enam hari. Itupun tergantung cuaca di perairan sepanjang perjalanan, namun diperkirakan sebelum kegiatan Sail Raja Ampat sudah bersandar di pelabuhan Sorong Papua,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kendal, Widya Kandi Susanti, yang melihat proses pengangkutan armada ini berharap Pelabuhan Kendal yang belum dioperasionalkan sudah layak untuk angkutan barang dan penumpang. “Pengangkutan armada untuk kegiatan Sail Raja Ampat ini sebagai upaya uji coba dermaga penyeberangan di Pelabuhan Kendal,” ungkap bupati.

Kendaraan-kendaraan ini akan dioperasionalkan untuk kegiatan Sail Raja Ampat selama tiga hari dan kembali dibawa pulang ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Kendal juga. (MS-05)