Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Arus Balik di Kendal Mulai Padat, Kendaraan Dialihkan ke Jalan Lingkar Kaliwungu

Arus Balik di Kendal Mulai Padat, Kendaraan Dialihkan ke Jalan Lingkar Kaliwungu

image
Arus balik yang melintas di Kabupaten Kendal dialihkan ke jalan lingkar Kaliwungu. Foto Metro

KENDAL – Arus balik kendaraan yang hendak ke Jakarta  dialihkan ke jalan lingkar Kaliwungu Kendal. Pengalihan jalur ini untuk mengurangi kepadatan di alun-alun Kaliwungu yang menggelar tradisi Syawalan.

Kepadatan kendaraan dari arah timur pada Jumat (1/8) siang mulai padat saat masuk perbatasan Kabupaten Kendal. Untuk mengurai kepadatan di jalur Pantura, polisi mengalihkan kendaraan yang dari arah timur ke jalur lingkar Kaliwungu.

Terlebih lagi di sekitar alun-alun Kaliwungu Kendal ini digelar tradisi Syawalan sehingga arus lalu lintas dialihkan untuk mengurangi kepadatan di pusat tradisi syawalan ini. Barikade sudah disiapkan petugas, untuk mengantisipasi kemacetan dan rencana penutupan jalan pantura pada Sabtu saat puncak perayaan tradisi Syawalan.

Kepala Pos Pam Sumberejo Kaliwungu AKP Ujang Syamsudin mengatakan, pengalihan arus khususnya kendaraan yang hendak ke Jakarta dilakukan untuk mengurangi kepadatan. “Arus balik dari arah timur dialihkan ke jalur lingkar hingga tembus ke pertigaan pos Pantes Brangsong. Ini untuk mengurangi kepadatan di sekitar alun-alun Kaliwungu,” katanya.

Sementara untuk kendaraan warga setempat masih diperbolehkan melintas jalur Pantura Kaliwungu. Namun untuk hari Sabtu (2/8)  besok bertepatan dengan puncak Syawalan arus akan ditutup. Penutupan jalur pantura sendiri dilakukan dengan melihat kondisi di pusat Syawalan.

Bagi pengunjung dan peziarah yang hendak ke Kaliwungu masih diperbolehkan masuk namun akan dialihkan sebelum masuk alun-alun. “Kita situasional saja melihat kondisi di sekitar alun-alun, jika masih memungkinkan untuk dilalui maka jalan kita buka,” imbuhnya. (MS-05)