Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Asah Ketangkasan Otak, Puluhan Anak Bermain Egrang di Kampus Unnes

Asah Ketangkasan Otak, Puluhan Anak Bermain Egrang di Kampus Unnes

METROSEMARANG.COM – Puluhan anak dari berbagai kampung yang ada di sekitar Sekaran, Gunungpati Semarang tertawa riang tatkala bermain egrang di pelataran Auditorium Unnes. Acara yang diinsiasi para pegiat Kampung Hompimpa itu untuk memacu kreativitas anak kerika bermain diluar rumah.

Pengenalan permainan tradisional di Unnes, Senin (13/3). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Anita Safitri, aktivis Kampoeng Hompimpa Semarang mengatakan bermain egrang jadi kegiatan menarik tak hanya untuk memanfaatkan kebersamaan, tapi juga meningkatkan pergerakan fisik yang aktif, melatih ketangkasan otak, serta mengembangkan mental anak-anak.

Ia mengaku tergerak untuk mengajak anak bermain egrang karena prihatin ketika melihat banyak anak yang jarang keluar rumah. “Itu membuat karakter anak kurang peka terhadap teman sebayanya,” ungkap Anita kepada metrosemarang.com, Senin (13/3).

Ia pun ingin menangkal gempuran mainan modern yang sarat individualistik dengan ragam permainan tradisional yang tak butuh banyak biaya. Menurutnya permainan tradisional yang kian lama kian menghilang diharapkan mampu dicintai kembali oleh anak-anak masa kini.

Anak-anak bermain egrang di kampus Unnes, Senin (13/3). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto 

Ada 40 anak SD dan SMP yang mencoba naik egrang sedangkan sebagian lainnya dengan gembira bermain gobak sodor, bakiak, lompat tali, belel, gasing hingga bantengan. “Semuanya ada 11 permainan, kita senang melihat mereka antusias bermain tanpa beban,” katanya.

Selain bermain, mereka juga diajak senam dan aksi menarik lainnya. Ia berharap anak-anak selalu belajar berinteraksi dan memperkenalkan kembali permainan tradisional. (far)