Home > METRO BERITA > Asap Pembakaran Sampah TPA Jatibarang, 350 Kali Lebih Berbahaya dari Rokok

Asap Pembakaran Sampah TPA Jatibarang, 350 Kali Lebih Berbahaya dari Rokok

(MS-01)
(MS-01)

SEMARANG – Terbakarnya sampah di TPA Jatibarang sehingga menghasilkan volume asap yang cukup mengganggu sebagaian warga Semarang. Pagi ini (24/9) di kawasan Krapyak Semarang Barat, yang jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi kebakaran, jalanan dipenuhi asap berbau menyengat

Menurut hasil penelitian, asap yang dihasilkan dari pembakaran sampah sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.  Selain menimbulkan polusi udara, partikel-partikel yang tak terbakar akan berterbangan, atau menghasilkan reaksi yang menghasilkan hidrokarbon berbahaya. Hidrokarbon berbahaya yang dihasilkan asap pembakaran sampah, termasuk senyawa penyebab kanker yaitu benzopirena, yang mencapai 350 kali lebih besar dari asap rokok. Akibatnya,  masyarakat bisa terjangkit kanker paru-paru, infeksi paru-paru, asma, atau bronchitis karenanya.

Belum lagi dengan gas yang dihasilkan dari pembakaran sampah, yang juga dapat merusak atmosfer bumi. Gas tersebut adalah senyawa chlor, yang dihasilkan dari pembakaran plastik. Pembakaran bahan sintetis yang mengandung nitrogen, seperti nilon, busa poliuretan yang ada pada sofa atau karpet busa, juga membahayakan karena dapat menghasilkan gas HCN yang berbahaya. (*)