Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Komunitas > Asep Hidayat akan Main Cello di Pameran Lukisan Kopi

Asep Hidayat akan Main Cello di Pameran Lukisan Kopi

METROSEMARANG.COM – Asep Hidayat, pemusik cello yang baru balik dari Jepang, pada Sabtu (20/8) besok bakal memeriahkan pembukaan pameran lukisan kopi bertajuk ‘One Heart for Second Hope’ di Nescology Gajahmungkur, Semarang. Beberapa seniman bahkan berharap kepiawaian maestro jebolan ISI Yogyakarta mampu menarik minat masyarakat untuk datang ke pameran tersebut.

Asep Hidayat  Foto: jakartshool.com
Asep Hidayat
Foto: jakartshool.com

Pameran lukisan kopi itu digelar selama tujuh hari mulai 20-27 Agustus nanti. Sedangkan Gubernur Ganjar Pranowo akan menghadiri acara puncaknya pada 27 Agustus di ruang galeri Nescology Jalan Tambora.

Menurut kurator pameran, Mahmud Elqadrie pameran tersebut digelar oleh Komunitas Serupa yang berkolaborasi dengan Yayasan Setara Semarang. Tujuannya jelas untuk meningkatkan pemahaman masyatakat soal pendampingan dan perlindungan anak-anak Indonesia yang telah dilakoni UNICEF.

Makanya, pameran seni rupa yang lyang mengusung tema Anak yang Berhadapan Hukum bermanfaat mengingatkan kembali tentang peristiwa kemanusiaan dimana manusia dihadapkan dengan perkara masa depannya.

“Bukankah kekerasan berwajah sangat kompleks dan berbentuk multi-dimensional. Mulai kekerasan psikologis, kekerasan sosial ekonomi, budaya, kekerasan relegiusitas, kekerasan pendidikan, dan seterusnya,” katanya saat memantapkan acara, Jumat (19/8).

Sunu D. Wibiakso penggagas pameran lukisan kopi mengatakan beberapa tamu potensial telah diundang untuk membeli lukisan kopi yang dipajang tujuh hari.

Ia berharap pameran ini tidak hanya dipandang sebagai transaksional, namun juga harus disikapi bijak oleh khalayak ramai bahwa eksplorasi anak-anak yang berhadapan dengan hukum dan kekerasan masih kerap terjadi. (far)