Home > METRO BERITA > Sosialita > Asep Muhammad, Mendaki Gunung Bukan untuk Pencitraan

Asep Muhammad, Mendaki Gunung Bukan untuk Pencitraan

Asep Muhammad Saiful Ibat Foto: metrosemarang.com/dok pribadi
Asep Muhammad Saiful Ibat berada di puncak Gunung Rinjani
Foto: metrosemarang.com/dok pribadi

 

METROSEMARANG.COM – Aktivitas mendaki gunung sudah dijalani Asep sejak 10 tahun yang lalu. Menurutnya gunung sudah menjadi rumah kedua baginya.

Tak terhitung sudah berapa kali pemuda bernama lengkap Asep Muhammad Saiful Ibat tersebut mendaki gunung. Hampir setiap bulan pemuda kelahiran Semarang 26 tahun yang lalu itu melakukan pendakian.

“Bagi saya mendaki gunung itu bukan sekadar hobi, tapi panggilan jiwa, dan bukan untuk pencitraan,” kata pemuda yang akrap disapa Kang Asep itu, Rabu (21/10).

Sejumlah gunung di Pulau Jawa sudah berhasil ditaklukkan Asep, dari Gunung Ungaran hingga Gunung Semeru. Bahkan, Gunung Rinjani di Lombok Nusa Tenggara Barat juga sudah dia jelajahi beberapa waktu lalu.

Asep mengaku cukup prihatin dengan aktivitas pendaki pemula yang cenderung ‘asal-asalan’ memersiapkan pendakian. Padahal, kata Asep, berada di hutan belantara gunung, tanpa pengetahuan serta peralatan dan perlengkapan yang memadai, nyawa taruhannya.

“Tak heran sekarang banyak pendaki yang hilang. Mendaki gunung itu bukan hal yang bisa dianggap enteng. Harus ada latihan dan teknik-tekniknya. Saya berharap para pendaki benar-benar punya persiapan yang matang sebelum mendaki. Alam itu tidak bisa ditebak,” kata warga Mijen Semarang, yang juga pengusaha ikan lele itu. (yas)