Home > METRO BERITA > Atasi PGOT, Pemkot Semarang Akan Bangun Gedung Resor Terpadu di Rowosari

Atasi PGOT, Pemkot Semarang Akan Bangun Gedung Resor Terpadu di Rowosari

PGOT yang terjaring razia Satpol PP Semarang (21/10) (foto: dok. Metro Semarang)
PGOT yang terjaring razia Satpol PP Semarang (21/10) (foto: dok. Metro Semarang)

SEMARANG – Atasi Pengemis, Gelandangan, dan Orang Terlantar (PGOT) yang banyak merebak di wilayah kota Semarang, pemerintah kota Semarang, bakal membangun gedung Resos Terpadu yang sanggup menampung hingga puluhan PGOT hingga pengguna narkoba yang ada di wilayahnya.

Kepala Bidang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial, Pemuda dan Olahraga (Dinsospora) Semarang, Henky Suhendiyoto, mengatakan, hal tersebut diyakini akan mampu untuk mengatasi PGOT yang tersebar hampir di semua wilayah di Semarang.

“Kita akan buatkan Resos Terpadu, di Rowosari, Tembalang. Untuk sekarang, kami sudah menyiapkan tanah seluas 6 hektare di atas lahan eks bengkok,” tutur Henky Kamis (30/10).

Kendati demikian, proyek Resos Terpadu di Semarang tersebut masih terkendala kesiapan dana dari kementerian dan APBD Semarang. Dari Rp. 7 miliar dana proyek yang dianggarkan, ternyata  dana yang dimiliki Pemkot tak mencukupi. Padahal untuk mematangkan proyek tersebut, pihaknya telah melakukan studi banding ke Kementerian Sosial.

“Dari Kementerian Sosial juga tidak ada dana. Padahal, Resos Terpadu akan kami buat dua blok terpisah dan melebar untuk memisahkan antara ruangan penampungan pasien wanita dan pria yang terjerat narkoba, HIV/AIDS, PGOT, dan anak jalanan,” imbuh Henky.

Selain itu, pihaknya juga sudah membuat kesepakatan lisan dengan pemda mulai Solo, Kendal, Demak dan Temanggung untuk memulangkan PGOT ke kampung halaman masing-masing. Seperti yang diketahui, para PGOT yang ada di kota Semarang sebagian besar berasal dari daerah lain. “Selama ini kebanyakan orang-orang gila dari luar daerahlah yang sering dibuang di wilayah kami. Ada yang dibuang di Mijen, Gunungpati dan Mangkang,” tandas Henky. (Yas)