Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Awal 2016, Harga Cabai dan Ikan di Semarang Tembus Rp 60 Ribu

Awal 2016, Harga Cabai dan Ikan di Semarang Tembus Rp 60 Ribu

Harga cabai di Pasar Johar melesat hingga Rp 60 ribu per kilogram pada awal 2016. Foto: metrosemarang.com/dok
Harga cabai di Pasar Johar melesat hingga Rp 60 ribu per kilogram pada awal 2016. Foto: metrosemarang.com/dok

METROSEMARANG.COM – Memasuki awal tahun 2016, harga cabai dan ikan segar yang dijual di pasar tradisional Kota Semarang melonjak tajam. Pantauan di lantai dasar Pasar Johar Semarang, harga cabai kini naik rata-rata Rp 20 ribu per kilogram. Kenaikan paling tinggi terjadi pada cabai merah keriting.

“Untuk cabai merah keriting sekarang saya jual Rp 60 ribu per kilogram,” kata Jumiyati, pedagang cabai di Pasar Johar kepada metrosemarang.com, Sabtu (2/1).

Ia mengatakan, lonjakan harga juga terjadi pada cabai rawit setan. Kini, harganya melambung sampai Rp 40 ribu per kilogram. Pun demikian dengan harga jual cabai merah besar menjadi Rp 50 ribu dan cabai hijau besar juga naik jadi Rp 30 ribu per kilogram.

“Harganya mulai naik hari ini dan rata-rata naiknya sekitar Rp 20 ribu per kilogram,” bebernya.

Lonjakan harga cabai yang terjadi mulai pekan ini, menurutnya, karena pasokan di sentra penghasil cabai wilayah Temanggung semakin menipis. Alhasil, ia pun jadi kesulitan mencari barang di tingkat distributor. “Kulakannya jadi sulit,” ujar Jumiyati.

Ia mengaku kenaikan harga cabai ini merupakan siklus tahunan termasuk saat memasuki awal tahun 2016. Pembeli, kata dia, tetap datang ke lapaknya karena komoditas cabai sudah menjadi kebutuhan pokok untuk memasak di dapur. “Sehari saya laku kurang lebih 15-20 kilogram,” terang Jumiyati.

Selain cabai, harga ikan segar kini juga semakin mahal. Buktinya, Siti Sholihah pedagang ikan segar di Pasar Johar mengatakan harga ikan kini ikut naik hingga Rp 20 ribu per kilogram. Harga ikan mujair misalnya, kini menjdi Rp 40 ribu dan ikan gurami melesat sampai Rp 60 ribu.

“Pasokan ikan segar dari Sayung Demak sejak dua hari terakhir selalu kosong,” tutupnya. (far)