Home > METRO BERITA > Awas, Bearing FAG Palsu Dijual di Bawah Harga Pasar

Awas, Bearing FAG Palsu Dijual di Bawah Harga Pasar

METROSEMARANG.COM – Produk bearing palsu bermerk FAG beredar di pasaran dengan harga jauh lebih murah. Salah satu toko di Jalan Gajahmada, Kembangsari, Gabahan, Semarang Tengah menjual produk palsu ini.

Pemusnahan bearing palsu, Kamis (9/2). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

“Mereka menjual sekitar dua puluh persen lebih murah dari harga aslinya,” ujar Brand Protector Koordinator Schaeffler Technologies, Tri Wahyudi usai melakukan pemusnahan barang bukti bersama tim Ditreskrimsus Polda Jateng, Kamis (9/2).

Tri mengatakan, perbedaan produk palsu dengan yang asli bisa terlihat dari packagingnya. “Kami punya technologi yang bisa memindai barcode yang tertera di packagingnya sehingga dapat diketahui itu asli atau tidak,” katanya.

Ia juga menambahkan jika bearing palsu ini terus beredar, selain memperburuk citra FAG juga akan membahayakan penggunanya. Karena bearing yang palsu dari segi kualitas jauh dibawah bearing asli buatan Schaeffler. “Ini bisa menimbulkan kecelakaan kerja bahkan berakibat kematian,” imbuhnya.

Kini pihaknya bekerjasama dengan kepolisian masih terus berupaya untuk menemukan di mana produsen bearing palsu tersebut. “Kami bekerja sama dengan kepolisian masih terus menelusuri di mana pabrik pembuatan bearing palsu ini, namun sepertinya di Cina,” pungkas Tri.

Pemusnahan 350 bearing palsu berbagai tipe itu dilakukan di halaman belakang Distro Energy Semarang. Ratusan bearing illegal tersebut merupakan hasil pengungkapan kasus pada November 2016 silam. (fen)