Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Awas, Makan Sambil Nonton TV Bikin Bobot Bertambah

Awas, Makan Sambil Nonton TV Bikin Bobot Bertambah

Ilustrasi
Ilustrasi

PERNAHKAH Anda merasa tidak makan banyak tapi berat badan terus bertambah? Jika pernah, mungkin hal ini ada hubungannya dengan kebiasaan makan sambil melakukan aktivitas lain, misalnya bekerja di depan komputer maupun bermain video game.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, makan sambil bekerja di depan komputer, bermain video game atau aktivitas lainnya cenderung membuat makan menjadi lebih cepat dan mengonsumsi kalori lebih banyak. Juga membuat rasa kurang kenyang sehingga Anda dapat menyantap porsi makan dua kali lebih banyak pada waktu makan berikutnya.

Berbeda halnya jika Anda memiliki waktu makan khusus yang tidak terganggu aktivitas lain. Dengan makan pada waktu yang tepat, Anda dapat menikmati makanan Anda, tidak mengunyah dengan terburu-buru, sehingga bisa merasakan rasa puas setelah menyantap makanan.

Yang juga patut diwaspadai adalah kebiasaan makan sambil nonton tv. Berdasarkan penelitian lain, setiap dua jam waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi dapat meningkatkan risiko obesitas sampai 23%. Para peneliti percaya bahwa menonton televisi sejalan dengan naiknya hasrat untuk kudapan tinggi kalori.

Untuk itu, agar badan Anda tak semakin melar ke samping, sebaiknya batasi pula waktu menonton tv Anda, setidaknya kurang dari dua jam per hari. (ren)