Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Seksologi > Awas, Pelumas Seks Bisa Bikin Iritasi

Awas, Pelumas Seks Bisa Bikin Iritasi

Ilustrasi
Ilustrasi

BEBERAPA wanita memiliki masalah kekurangan produksi pelumas alami vagina. Hal ini lantas berpengaruh pada kenikmatan sesi bercinta dengan pasangan. Bercinta, yang harusnya jadi momen yang panas dan menggairahkan, berubah jadi sesi yang tak nyaman dan dapat menimbulkan trauma bagi wanita.

Untuk mengatasinya, beberapa pasangan menggunakan pelumas sintetis yang banyak dijual di supermarket. Penggunaan pelumas memang dapat mengatasi problem kekurangan pelumas alami. Namun sebelum menggunakannya, ada hal-hal yang harus diwaspadai terkait efek samping pelumas sintetis.

1. Menimbulkan alergi

Beberapa jenis zat kimia yang terkandung dalam pelumas dapat membuat mereka yang berkulit sensitif mengalami alergi dan iritasi.

2. Menyembunyikan nyeri

Zat lidocaine dan benzocaine yang terkandung dalam pelumas berfungsi untuk membuat kulit tidak merasakan nyeri saat berhubungan. Hal ini harusnya diwaspadai, sebab rasa nyeri adalah sinyal yang dikirimkan tubuh ke otak bahwa terjadi sesuatu yang tidak beres. Nyeri yang tidak diketahui dapat menyebabkan iritasi pun tidak diketahui, sehingga penanganannya terlambat. Iritasi pada alat kelamin tidak boleh disepelekan karena bisa terinfeksi berbagai jenis bakteri yang dapat menimbulkan masalah-masalah tertentu.