Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Awas, Stres dalam Pernikahan Bikin Depresi

Awas, Stres dalam Pernikahan Bikin Depresi

ilustrasi
ilustrasi

 

Stres berkepanjangan dalam pernikahan sangat berkaitan dengan gejala depresi, demikian seperti yang ditemukan dalam penelitian baru-baru ini.

Berdasarkan penelitian tentang stres dalam pernikahan dan gejala depresi yang dilakukan terhadap 300 pasangan, ditemukan fakta bahwa responden yang mengalami stres pernikahan yang tinggi juga menunjukkan tanda-tanda depresi. Mereka yang mengalami stres tinggi juga cenderung enggan tersenyum saat difoto. Hal ini mengindikasikan bahwa mereka tidak menikmati kehidupan pernikahan mereka dan sebuah tanda depresi.

Yang penting dikemukakan di sini adalah bahwa penelitian ini hanya menunjukkan adanya korelasi antara stres berkepanjangan dengan gejala depresi, dan bukannya hubungan sebab-akibat. Hal ini berarti dimungkinkan bahwa stres dalam pernikahan membuat Anda merasa depresi. Hal lain yang mungkin terjadi adalah Anda menderita depresi dan gejala depresi tersebut merupakan timbunan dari stres pernikahan yang Anda rasakan.

Depresi adalah penyakit serius yang dapat berdampak negatif pada hidup Anda, termasuk hubungan. Gejala depresi meliputi perasaan tidak dihargai, ketidakmampuan untuk menikmati kebahagiaan, kelelahan, insomnia, dan mudah terserang penyakit.

Gejala-gejala tersebut dapat menghasilkan stres yang lebih besar pada hubungan Anda. Jika Anda atau pasangan Anda merasa depresi, Anda harus waspada dan pastikan untuk mendapatkan bantuan dari dokter spesialis kejiwaan.

Dan tentang mengatur stres pernikahan, Anda harus memahami bahwa setiap rumah tangga memiliki cobaannya sendiri. Banyak hal berat yang terjadi dalam kehidupan pernikahan. Namun penting bagi Anda untuk belajar mengatasi masalah itu berdua bersama pasangan Anda, bukannya menghadapinya sendirian. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengalihkan stres pernikahan, entah dengan membicarakan masalah Anda dengan pasangan atau dengan rutin bercinta dengan pasangan. (ren)