Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Awas, Tinggi Ombak Perairan Laut Selatan Capai 5 Meter

Awas, Tinggi Ombak Perairan Laut Selatan Capai 5 Meter

METROSEMARANG.COM – Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang memperingatkan kepada para nelayan agar mengurungkan niatnya menjala ikan di perairan Laut Selatan Jawa Tengah. Musababnya, tinggi gelombang Laut Selatan pada hari ini, Senin (10/10), telah mencapai 5 meter.

Gelombang tinggi berpotensi terjadi di perairan Laut Jawa. Foto: metrosemarang.com
Gelombang tinggi berpotensi terjadi di perairan Laut Jawa. Foto: metrosemarang.com

“Ketinggian gelombang Laut Selatan 2,5-5,0 meter sedangkan gelombang Laut Jawa sekitar 0,2-1,0 meter,” ungkap analis cuaca Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Agus Triyono kepada¬†metrosemarang.com.

Agus pun menjelaskan meski secara umum di citra satelit mulai pukul 06.00 WIB pagi ini langit tampak cerah berawan dengan kecepatan angin tenggara 12 km, serta suhu udara 25 derajat dan kelembaban 90 persen, tapi potensi hujan intensitas ringan dan sedang kembali muncul pada sore hingga matahari terbenam.

“Pagi siang berawan tapi malam hujan ringan sampai sedang,” katanya lagi.

Untuk sore dan malam nanti akan ada perubahan cuaca yang sangat drastis dengan kecepatan angin dari barat daya menuju utara mencapai 5-25 kilometer. Sementara suhu udaranya juga 25-32 celcius ditambah kelembabannya 62-92 derajat.

“Karena itulah, Jateng masih terpantau hujan ringan dan sedang bervariasi mulai siang hingga malam hari. Di Pegunungan tengah dan Jateng selatan khususnya serta Surakarta yang akan diguyur hujan lebat disertai petir kadang angin kencang pada sore hari nanti,” ujar Agus. (far)