Home > METRO BERITA > Sosialita > Ayu Bulan, Ketagihan Jadi Cosplayer

Ayu Bulan, Ketagihan Jadi Cosplayer

HOBI diyakini berperan besar dalam membangun karakter seseorang. Melalui hobi, seseorang bisa menyalurkan ekspresinya masing-masing. Begitu pula yang dirasakan Ayu Bulan Paramastri yang mengaku banyak memperoleh sisi positif dari kegemarannya berdandan ala tokoh anime Jepang atau biasa disebut cosplay.

Dara kelahiran Semarang, 21 Februari 1996 ini justru makin tertantang memerankan beragam karakter anime Jepang sejak dia diajak temannya mengikuti kompetisi cosplay. “Awalnya sih nggak begitu niat. Diajak temen buat ikut lomba cosplay, eh malah ketagihan,” ungkap Bulan saat mengikuti festival di Udinus, akhir pekan kemarin.

Ayu Bulan Paramastri Foto: dokumen pribadi
Ayu Bulan Paramastri
Foto: dokumen pribadi

Setelah kompetisi pertama itu akhirnya Bulan mulai menjajal mengikuti kontes-kontes lain. Langkah Bulan tak selalu mulus, beberapa kali ia gagal. Namun, akhirnya ia berhasil meraih juara satu dalam katagori cabaret beberapa waktu lalu.

Bulan mengakui jika hobinya ini butuh biaya mahal untuk kostum dan riasannya. Namun, baginya tak menjadi masalah karena hobi tersebut bisa membuatnya makin rileks. “Dana khusus nggak ada sih, paling minim Rp 500 ribu,” papar Bulan.

Mahasiswi Universitas Diponegoro ini menambahkan, apabila kostumnya cukup ribet dengan tambahan aksesori pedang atau sejenisnya, ia bisa menghabiskan dana sebesar Rp 1,5 juta. “Sekarang sudah tahu lokasi bikin kostum yang murah, jadi bisa lebih diatur dananya,” ucapnya.

Gadis tomboy ini mengaku orang tuanya sangat mendukung hobinya. Bahkan pada masa awal ia mutuskan menjadi cosplayer semua biaya ditanggung oleh orang tua. “Mama sama Papa dukung, soalnya mereka suka liat aku pake baju cewek,” tuturnya sambil tersenyum.

Meskipun untuk saat ini Bulan mengaku hanya menjadikan cosplay sebagai hobinya, namun ia tidak menutup kemungkinan jika kelak dirinya bakal terjun menjadi cosplayer profesional. (yulikha elvitri)