Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Bambang Larang Pejabat Grobogan Mudik Pakai Mobil Dinas

Bambang Larang Pejabat Grobogan Mudik Pakai Mobil Dinas

image
Mobil plat merah dilarang digunakan untuk mudik Lebaran. Foto Metro

GROBOGAN – Pejabat di lingkungan Pemkab Grobogan dilarang menggunakaan mobil dinas untuk dipakai mudik. Apalagi hingga memanipulasi plat nomor dari merah ke hitam.

“Saya sudah mengimbau agar mobil dinas tidak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi atau mudik. Terlebih ada plat nomor yang seharusnya merah diganti hitam,” kata Bupati Grobogan Bambang Pudjiono kepada wartawan.

Menurutnya, perubahan warna plat nomor dari warna merah ke hitam memang bisa saja dilakukan, namun ada prosedur khusus dari kepolisian yang harus ditempuh. Terkadang ada pejabat yang mengganti warna plat mobilnya untuk kamuflase. Biasanya saat menghadapi kerusuhan atau situasi tertentu.

“Kalau ada kepentingan bisa saja. Tapi kalau tidak, biasanya merubah warna plat nomor. Mungkin karena ingin disebut mobil pribadi atau manipulasi BBM (bahan bakar minyak) bersubsidi. Mungkin mereka malu saat melakukan aktivitas di luar kedinasaan kalau memakai plat merah,” imbuh Bupati. 

Dikatakannya, meskipun tidak ada sanksi yang mengatur, namun para pejabat seharusnya punya budaya malu jika ingin mengubah plat nomor mobil dinas. “Kita awasi bersama-sama dan pejabat harus punya budaya malu,” tandas Bambang Pudjiono. (M-16)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link