Home > METRO BERITA > Bangkitkan Nasionalisme, Dispora Gelar Festival Band Khusus Lagu Nasional

Bangkitkan Nasionalisme, Dispora Gelar Festival Band Khusus Lagu Nasional

Festival Musik Kebangsaan yang digelar Dispora Jateng di Kampus UIN Walisongo. Foto Metrosemarang/Ade Lukmono
Festival Musik Kebangsaan yang digelar Dispora Jateng di Kampus UIN Walisongo. Foto Metrosemarang/Ade Lukmono

SEMARANG – Kompetisi band khusus lagu-lagu nasional digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Tengah bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) DPD Jawa Tengah. Lomba tersebut digelar untuk membangkitkan semangat nasioanalisme.

“Anak muda sekarang lebih hafal lagu-lagu luar yang tidak ada maknanya, hanya luapan emosi saja,” ujar Sekretaris Dispora Jawa Tengah, Tri Laksono. Lomba ini dilaksanakan di Auditorium II Kampus 3 UIN Walisongo Semarang.

Dalam kompetisi ini diharapkan semua peserta bisa mempopulerkan lagu-lagu nasional. “Lagu-lagu nasional sebenarnya bisa sebagai penghibur sekaligus penambah semangat. Seperti lagu Garuda Pancasila,” imbuh Tri Laksono.

Dia menambahkan, lagu bisa mempengaruhi cara pandang seseorang dalam menilai sesuatu. Selain itu, musik yang baik akan bisa menginspirasi orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Dalam kompetisi ini, akan dipilih tiga pemenang dalam kategori Band. Hadiah uang tunai masing-masing Rp 4 juta, Rp 3 Juta dan 2 Juta untuk pemenang pertama, kedua dan ketiga. Selain itu juga akan dipilih best player dari masing-masing alat musik. (ade)