Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Bangun Pagi Bikin Anda Lebih Bahagia

Bangun Pagi Bikin Anda Lebih Bahagia

image

BENJAMIN Franklin, yakni founding father Amerika Serikat, pernah mengatakan, seseorang yang tidur lebih awal dan bangun lebih pagi adalah orang yang sehat, kaya dan bijaksana. Dan sekarang, Anda bisa menambahkan ‘bahagia’ dalam perkataan Ben Franklin, sebab seseorang yang bangun pagi akan lebih merasa gembira, segar dan energik daripada mereka yang bangun lebih siang.

Para peneliti dari University of Toronto melakukan penelitian terhadap 700 orang dewasa tentang kebiasaan tidur, jumlah energi, kesehataan dan mood. Seseorang yang biasa bangun sekitar pukul 7 pagi cenderung merasa bahagia, hidup, ceria, dan energik, seperti dikatakan Renee Biss, seorang peneliti bidang psikologi di University of Toronto.

Selain itu, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sinar matahari memainkan peranan besar pada tingkat kesiapan seseorang, dan menunda bangun ketika matahari sudah tinggi bisa menurunkan energi dan mengarah ke depresi.

Ada beberapa cara untuk jadi morning person, seperti berikut ini :

1. Biarkan sinar matahari masuk ke dalam kamar. Manfaatkan kekuatan matahari untuk mengatur ulang ritme tidur Anda. Mulailah dengan bangun di waktu Anda biasa bangun, tapi habiskan waktu 15 menit pertama sesudah bangun dengan duduk atau berjalan di bawah sinar matahari langsung.
Lakukan ini setiap pagi, tapi mulailah beranjak dari tempat tidur 20 menit lebih awal tiap harinya. Dan di malam hari, Anda akan merasa ingin tidur lebih awal secara alami.

2. Matikan gadget. Kurangilah waktu menatap gadget, seperti iPad, komputer, smartphone dan televisi di malam hari, sebab perangkat-perangkat ini akan memancarkan sinar yang mempengaruhi produksi melatonin dalam tubuh. Cara ini bisa menghindarkan Anda dari merasa lelah dan kecenderungan tidur terlalu malam yang tidak sehat.

3. Buat jam aktivitas Anda. Susunlah jadwal sejak Anda memulai aktivitas pagi hingga sore hari, seperti olahraga, bekerja, menonton tv, atau nongkrong bersama teman Anda. Dan ketika matahari terbenam, kurangilah aktivitas Anda. Gunakan waktu Anda di malam hari untuk aktivitas yang menenangkan, seperti membaca buku, meditasi, atau mendengarkan musik yang lembut.

4. Jika jadwal Anda mengharuskan Anda terjaga hingga larut malam, belilah tirai penghalang sinar matahari. Cara ini menghindarkan gangguan sinar matahari pagi di jam tidur Anda yang singkat. Pastikan kamar Anda berhawa sejuk dan tenang, sehingga Anda bisa mendapatkan tidur malam yang berkualitas. (ren)