Home > METRO BERITA > Banjir Rob di Bawah Jembatan Tol Kaligawe Bikin Macet

Banjir Rob di Bawah Jembatan Tol Kaligawe Bikin Macet

METROSEMARANG.COM – Banjir rob yang menerjang kawasan Kaligawe, Jumat (3/2) pagi, mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas di beberapa titik. Penumpukan kendaraan juga terjadi di bawah jembatan tol Kaligawe.

Banjir rob di terowongan Kaligawe, Jumat (3/2). Foto: metrosemarang.com/ade kristandi

Banjir rob yang pukul 02.00 dinihari tersebut membuat arus lalu lintas dari arah Demak menuju Semarang semakin macet karena banyaknya kendaraan yang mengurangi kecepatan saat melintas di lokasi. Ketinggian banjir yang mencapai sekitar 25 centimeter tersebut cukup menyulitkan pengendara sepeda motor. Mereka harus memilih jalur di tengah agar tak terjebak genangan yang lebih dalam.

Tiga unit alat penyedot air dikerahkan untuk mengurangi genangan rob dan langsung diarahkan ke Sungai Banjir Kanal Timur. “Mau gak mau ya kita harus tetep siaga kalau menjelang dinihari, soalnya air rob biasanya datang kadang sore kadang juga dinihari,” tutur Agus (32) salah satu petugas pompa air yang bertugas di bawah terowongan tol Kaligawe.

Tiga unit pompa penyedot air belum mampu mengurangi genangan rob di terowongan Kaligawe. Foto: metrosemarang.com/ade kristandi

Warga berharap agar Pemkot juga memerbaiki sistem drainase, sehingga kawasan tersebut bisa benar-benar terbebas dari rob. “Saya berharap Pemkot Semarang segera memperbaiki sistem drainase di sini. Kalau bisa jalannya dibuat lebih tinggi lagi biar gak banjir terus,” sahut Murdianto (45) salah satu pengguna jalan.

“Rumah saya di sekitar sini jadi mau gak mau harus tiap hari nyuci motor, karena kalo gak dicuci motornya bisa karatan cuma gara-gara air rob,” tutur Andre (28), pengguna jalan lainnya. (MG01)