Home > METRO BERITA > Banyak PNS Naik Haji, Pemkot Jamin Layanan Publik Tak Terganggu

Banyak PNS Naik Haji, Pemkot Jamin Layanan Publik Tak Terganggu

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang memastikan, pelayanan publik di wilayahnya tetap berjalan normal, walaupun banyak pegawai negeri sipil (PNS) akan berangkat haji pada akhir bulan ini.

Ilustrasi Foto: metrosemarang.com/dok pemkot semarang
Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok pemkot semarang

Kepala Humas Pemkot Semarang, Achyani menyebut bahwa, rata-rata pegawai yang akan naik haji kebanyakan bekerja sebagai guru. Makanya, ia pun kaget saat mengetahui jika yang berangkat haji ternyata telah mencapai ratusan orang.

“Data yang terakhir kami terima baru 35 guru yang berangkat haji tahun ini,” tuturnya, saat dikontak Jumat (5/8).

Ia pun berani menggaransi bila layanan publik di tiap sekolahan tetap berjalan normal dan tidak terpengaruh dengan adanya jadwal keberangkatan para guru ke Tanah Suci Mekah.

“Pelayanan tetap berjalan seperti biasanya dan tidak akan terganggu dengan berangkatnya PNS ke Mekah,” ungkapnya.

Ia mengklaim Pemkot dalam sejarahnya maksimal baru memberangkatkan paling banyak 170 orang. “Itu pun saat 2011 silam,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, informasi yang diperoleh di Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang, jumlah PNS yang berangkat haji nanti ada sebanyak 415 orang, sedangkan dari TNI ada 24 orang, pedagang 74 orang, nelayan dan petani 55 orang, sementara sisanya dari wiraswasta.

“Itu nanti yang akan naik haji pada bulan ini dan sekarang manifes para calon jemaah haji sudah lengkap. Tinggal kita mengurus persiapan akhir untuk pemberangkatannya saja,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag, Ahmad Syamsudin. (far)