Home > METRO BERITA > Basarnas Jateng Awasi Pendakian di Empat Gunung

Basarnas Jateng Awasi Pendakian di Empat Gunung

METROSEMARANG.COM – Menghadapi banyaknya pendaki yang melakukan kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia di gunung, Badan SAR Nasional (Basarnas) Jawa Tengah melakukan siaga posko merah putih di beberapa gunung yang berada di Jawa Tengah meliputi Gunung Lawu, Gunung Merbabu, Gunung Merapi dan Gunung Slamet.

Kebakaran di lereng Gunung Sumbing. BPBD Jateng akan memperketat pengawasan di lima gunung untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran saat puncak kemarau. Foto: metrojeteng.com
Ilustrasi
Foto: metrojeteng.com

“Kegiatan posko ini dimaksudkan guna mengantisipasi keadaan darurat yang mungkin saja terjadi terhadap para pendaki yang sedang melakukan aktifitas di gunung,” ujar Kepala Basarnas Jawa Tengah Agus Haryono, Selasa (16/8).

Lebih lanjut Posko merah putih dimulai Selasa (16/8) pagi dan dilaksanakan oleh personel Basarnas Kantor SAR Semarang, Pos SAR Jepara, Cilacap dan Surakarta. Adapun personel yang diterjunkan yakni berjumlah 10 orang yang disebar di beberapa titik gunung dengan dibekali peralatan medis.

Dia juga memberikan tips agar pendaki itu bisa mendaki gunung secara aman. Menurutnya, hal yang perlu diperhatikan adalah persiapan baik dari segi fisik, mental, logistik dan pengetahuan soal gunung yang akan dituju.

Selain itu, pendaki juga harus mengetahui navigasi darat atau jalur trek yang akan dilalui. Alat komunikasi ataupun kompas, GPS atau nomor handphone harus juga dibawa. “Yang terpenting juga izin dari pengelola gunung setempat, agar nanti kalau ada apa-apa bisa cepat mendapatkan penanganan langsung,” tambahnya.

Persiapan fisik pun mutlak diperlukan. Misalnya, baju-baju tebal, minuman dan peralatan masak juga disiapkan. Para pendaki juga tidak diharapkan untuk menyepelekan atau menyombongkan diri pada jalur yang akan dilalui. Hal tersebut dinilai berbahaya, salah satunya tidak membawa peralatan mendaki. (ade)