Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Bawaslu: Jangan Takut Kampanyekan Kotak Kosong

Bawaslu: Jangan Takut Kampanyekan Kotak Kosong

METROSEMARANG.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah meminta kepada warga Kabupaten Pati agar mengkampanyekan kotak kosong.  Hal ini penting dilakukan, menurut Ketua  Bawaslu Jateng Abhan Misbah demi menjaga ritme demokrasi agar dapat berjalan dengan baik.

Sosialisasi Pilkada 2017 di Hotel Holiday Inn Express Semarang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Karena di sana hanya ada satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang diusung, maka buat menjaga proses demokrasi yang ada saat ini, masyarakat setempat harus berani mengkampanyekan kotak kosong sebagai lawannya,” kata Abhan saat menggelar sosialisasi pelaksanaan Pilkada 2017 di Hotel Holiday Inn Express Jalan Ahmad Yani Semarang, Jumat (16/12).

Abhan bilang meski begitu kampanye kotak kosong rentan diintervensi oleh sejumlah pihak mulai times pasangan calon maupun dari aparat kepolisian.

Sementara itu, Ketua Divisi Advokasi Bawaslu Jateng, Teguh Purnomo mensinyalir adanya pelanggaran yang berpotensi dilakukan oleh para timses pasangan calon yang berasal dari petahana  mulai pemakaian fasilitas negara untuk berkampanye maupun penggunaan dana iklan.

“Enam petahana sangat berpotensi menggunakan fasilitas negara dan iklan kampanye secara berlebihan. Makanya, tahun depan akan kita perketat pengawasannya,” tegasnya. (far)