Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Beasiswa XL Future Leader Diharapkan Merata di Seluruh Indonesia

Beasiswa XL Future Leader Diharapkan Merata di Seluruh Indonesia

METROSEMARANG.COM – Program XL Future Leaders (XLFL) telah membuka angkatan baru. Tahun ini XL akan merekrut 150 mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk mendapatkan beasiswa XLFL selama dua tahun.

Vice Presiden Corporate Communication XL, Turina Farouk, mengatakan, program XLFL sudah masuk tahun ke-5, ini adalah rekrutmen untuk angkatan ke-5. Kurun waktu 5 tahun ini tidak kurang dari 54.000 mahasiswa yang telah mendaftar untuk mengikuti seleksi di seluruh Indonesia.

Foto: istimewa
Foto: istimewa

“Seiring dengan semakin tersosialisasinya program ini ke kalangan mahasiswa, semakin tinggi minat mereka untuk bisa mendapatkan tempat dalam program kepemimpinan ini. Kami berharap semakian banyak mahasiswa dari luar Jawa yang lolos tahun ini nanti, dengan demikian manfaat program ini juga semakin merata ke berbagai daerah,” kata dia dalam rilis, Jumat (16/9).

Secara nasional lebih dari 11.500 mahasiswa telah mendaftar program ini untuk tahun angkatan kelima, dimana pendaftaran telah dibuka sejak Maret 2016. Para pendaftar berasal dari sekitar 200 kampus, sebanyak 55 kampus di antaranya adalah perguruan tinggi negeri.

Kriteria penilaian dalam seleksi XLFL antara lain menitikberatkan pada kemampuan berbahasa Inggris, kemampuan komunikasi di depan publik melalui presentasi, kemampuan menganalisa suatu persoalan, kritis dalam berfikir, berintegritas, kreatif, serta memiliki perilaku yang baik.

“Bagi mereka yang lolos seleksi dan mendapatkan beasiswa XLFL, sejumlah manfaat akan didapatkan. Mereka akan mendapatkan pelatihan softskill dan pengembangan kepemimpinan selama 2 tahun dengan kurikulum Internasional yang berakar pada kekayaan budaya Indonesia,” tambahnya.

XL Future Leaders adalah program pendidikan soft skill untuk melatih jiwa kepemimpinan. Berbekal kemampuan akademis dan kemampuan soft skill seperti yang diajarkan dalam program ini, mereka akan lebih siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan, termasuk bersaing dengan dalam merebut posisi-posisi penting di berbagai bidang.

Soft skill yang dimaksud berupa tiga kompetensi utama. Pertama, kemampuan berkomunikasi secara efektif, misalnya dalam menyampaikan pendapat dan bernegosiasi. Kedua, memiliki jiwa wirausaha dan inovasi, termasuk kepekaan dalam melihat peluang pada keuntungan ekonomis. Ketiga, kemampuan mengelola perubahan, di antaranya mampu beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi dan menjadikan hal ini sebagai peluang emas untuk dimanfaatkan. (ade)