Home > Berita Pilihan > Bebaskan Tawanan, Pasukan Banteng Raider Merangsek ke Lawang Sewu

Bebaskan Tawanan, Pasukan Banteng Raider Merangsek ke Lawang Sewu

METROSEMARANG.COM – Raungan sirine memecahkan keheningan warga Semarang yang sedang beraktivitas di bundaran Tugu Muda, pada Jumat pagi (16/6). Seketika sebuah mobil yang ditumpangi sekelompok pasukan taktis melaju kencang untuk mengejar bus yang keluar dari Lawang Sewu.

Simulasi pembebasan sandera di Lawang Sewu, Jumat (16/6). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Tak butuh waktu lama buat mereka untuk menghentikan laju bus. Beberapa kaca bus mereka pecahkan demi membebaskan seorang pejabat yang disandera sekelompok teroris.

Dalam simulasi pembebasan sandera teroris, pasukan taktis dari satuan Batalyon Yonif 400/BR yang mahsyur dengan sebutan tim Banteng Raider tersebut menenteng senapan serbu serta menumpang dua mobil.

“Ini dalam rangka memelihara kemampuan para Raider secara rutin setiap bulan,” ungkap Letkol Arfan Johan, Komandan Batalyon Yonif 400/BR yang bermarkas di Srondol Semarang.

Pasukan Banteng Raider bersiaga di sekitar Tugu Muda. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Menurutnya terdapat 20 pasukan Raider yang sigap menggelar simulasi pembebasan sandera pada pagi ini. Ia pun sengaja memasang skenario dengan menempatkan seorang pejabat di Lawang Sewu yang sedang disandera oleh gerombolan teroris.

“Kita lalu masuk senyap ke sana untuk membebaskan tawanan sekaligus memgejar musuh kemudian langsung dilumpuhkan. Makanya, kita mengejar memakai mobil taktis,” kata Johan.

Dalam setiap operasi pembebasan seorang tawanan, personelnya memakai senapan MG5. “Kami menamai para Raider yang membebaskan tawanan sebagai Tim Butor,” bebernya.

Latihan tersebut, kata Johan digelar dua kali setahun. Selain memelihara kemampuan tempurnya, para Raider juga terus berupaya memantapkan kekompakannya.

Sementara sejumlah warga yang beraktivitas di Tugu Muda mengaku terkejut dengan adanya latihan pasukan serbu tersebut. Hasanudin, cukup mengapresiasi latihan kesiapsiagaan pasukan Raider untuk menjaga keamanan kota.

Bahkan, ia berharap latihan terus-menerus digelar agar warga semakin mengenal dekat kemampuan tempur para Raider.

“Sangat bagus latihan yang seperti ini, karena bisa meningkatkan kesiapsiagaan mereka saat menjaga keamanan di Semarang. Terus terang ini pengalaman saya yang pertama melihat mereka berlatih di jalan raya,” terang pegawai negeri asal Tegal itu. (far)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link