Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Begini Cara Mengelola Potensi Diri ala Muhammad Amin

Begini Cara Mengelola Potensi Diri ala Muhammad Amin

METROSEMARANG.COM – Aula gedung A di lantai 3 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (Undip) dipadati mahasiswa Diploma III Manajemen Pemasaran dan Administrasi Perkantoran, Senin (31/10). Mereka tengah mengikuti Seminar Motivasi oleh Muhammad Amin, motivator asli Semarang.

M Amin memberikan motivasi kepada mahasiswa D3 Undip. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
M Amin memberikan motivasi kepada mahasiswa D3 Manajemen Pemasaran dan Administrasi Perkantoran Undip. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Muhammad Amin memberikan motivasi tentang mengelola potensi diri. Menurutnya dalam mengelola potensi diri ada tiga langkah utama yang harus dilakukan.

“Langkah pertama harus memiliki tujuan, arus skala prioritas, dan punya support sistem,” beber Amin.

Menurutnya banyak mahasiswa yang tidak memiliki tujuan, sehingga kadang mereka tidak mampu meraih target. Sementara target adalah sesuatu yang dapat memotivasi diri. Meski demikian, ia mengakui banyak sekali halangan bagi mereka yang mau berubah.

“Harus sadar bahwa berubah itu tidak enak, banyak hambatan dan konflik intern, bahkan sensasi fisiologi, seperti badan lemas dan sebagainya,” imbuhnya.

Mutiara Paulina, mahasiswi Jurusan Manajemen Pemasaran mengaku termotivasi usai mendengarkan paparan Amin. “Bermanfaat sekali, dulu saya susah berpikir out of the box, tapi sekarang lebih tercerahkan,” ungkap Mutiara.

Amin menegaskan untuk bisa berubah dan mengelola potensi yang harus dilakukan adalah memaksa diri. Segalanya akan jadi mudah jika terbiasa, dan keterbatasan akan dapat dilakukan jika dibiasakan.

“Semua teori dalam buku intinya itu sama harus dipaksa diri kita, karena otak kita suka sibuk, dan jika tidak kita atur otak akan sibuk semaunya saja,” pungkas Amin. (vit)