Home > METRO BERITA > Begini Cara Sri Rejeki, Bos Koperasi Titian Rizki Utama Menilep Duit Rp 1,4 M

Begini Cara Sri Rejeki, Bos Koperasi Titian Rizki Utama Menilep Duit Rp 1,4 M

Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG – Direktur Utama Koperasi Titian Rizki Utama (TRU) Sri Rejeki sudah dijatuhi hukuman 2 tahun enam bulan dalam sidang di PN Semarang, Rabu (6/8/2014). Bos koperasi yang beralamat di Jalan Supriyadi, Pedurungan itu sukses meyakinkan nasabah hingga sanggup  meraup keuntungan Rp 1,4 miliar.

Modus yang digunakan Sri Rejeki yakni menarik dana dari nasabah koperasi dengan janji bunga tinggi. Nasabah yang tergiur menanamkan investasi memberikan dana ratusan juta. Ada yang Rp 100 juta dan Rp 200 juta. Tetapi, saat jatuh tempo investasi diambil, pihak koperasi mengatakan dana tidak ada. Perkiraan kerugian Rp 1,4 miliar.

Peristiwa bermula saat Kepala Koperasi TRU, Ismayudi dan Direktur Utama Koperasi TRU, Sri Rejeki, menjanjikan keuntungan investasi 18 persen kepada nasabah. Tepatnya bulan September 2011 lalu. Pengembalian dana dijanjikan maksimal tiga bulan setelah dana ditanamkan.

Tiga bulan pertama, pembayaran keuntungan investasi kepada nasabah lancar saja. Tetapi setelah nasabah semakin banyak menanamkan investasi dengan dana yang juga tidak sedikit, dana keuntungan tidak dibayarkan Koperasi TRU.

Menurut informasi, korban penipuan koperasi ini berjumlah ratusan orang. Namun dalam berkas perkara hanya disebut tiga korban. Pasalnya, korban yang melapor ke polisi secara resmi baru tiga orang. Tiga korban melapor polisi pada awal Januari 2014 lalu. Kerugian tiga korban yang tercantum totalnya Rp 500 juta. Sri Rejeki ditetapkan tersangka oleh kepolisian pada 9 Januari 2014. Kemudian, bulan April 2014 tersangka ditahan.

Adapun tiga korban itu, Ny Tirto (47), warga Purianjasmoro, Tawangsari, Semarang Barat, merugi Rp 440 juta; Mujiono (48), tertipu sebesar Rp 320 juta; dan Tjahtjanti (63), warga Mlatibaru, Semarang Timur, menderita kerugian Rp 290 juta. (MS-12)

 

 

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link