Home > METRO BERITA > Begini Ciri-ciri Anak Autis dan Dietnya

Begini Ciri-ciri Anak Autis dan Dietnya

METROSEMARANG.COM – Dalam mengidentifikasi anak autis, ada sepuluh pertanda yang menunjukkan anak tersebut memiliki kecenderungan autis. Menurut Founder Komunitas Sahabat Difabel, jika anak sudah memiliki dua dari sepuluh tanda, anak tersebut bisa dikatakan autis.

Komunitas Sahabat Difabel bernyanyi bersama anak autis di Jalan Pahlawan, Minggu (24/4). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Komunitas Sahabat Difabel bernyanyi bersama anak autis di Jalan Pahlawan, Minggu (24/4). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

“Biasanya mereka tidak bisa kontak mata jika diajak ngobrol. Mereka juga akan fokus pada satu benda saja jika tertarik dan tidak menghiraukan yang lain jika sudah fokus,” paparnya, Minggu (24/4).

Selain itu, anak tidak akan bisa mengetahui sesuatu itu berbahaya bagi dirinya atau tidak. Dia mencontohkan, anak autis tidak akan tengok kanan dan kiri saat akan menyeberang karena menurutnya kendaraan yang melintas di jalan raya tidak berbahaya.

Penanganan terpadu perlu dilakukan jika anak sudah menunjukkan gejala autis. “Konsultasikan dengan psikolog untuk mengetahui apakah tingkat autisnya dalam level ringan, sedang atau sudah berat. Selain itu, ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi sembarangan oleh anak autis,” terang dia.

Makanan yang menjadi pantangan untuk anak autis antara lain, tepung, susu gula MSG atau segala bentuk makanan yang mengandung bahan pengawet. “Diet harus diperhatikan. Jika tidak, anak akan tiba-tiba marah seperti tanpa sebab,” tukasnya. (ade)