Home > METRO BERITA > BANJIR SEMARANG > Begini Penampakan Amukan Sungai BKT Rabu Malam

Begini Penampakan Amukan Sungai BKT Rabu Malam

METROSEMARANG.COM – Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) kembali meluap pada Rabu (15/2) malam. Banjir yang merendam permukiman warga di Sawah Besar, Kaligawe dan Genuk kali ini lebih besar dibanding dua hari sebelumnya.

Luapan Sungai Banjir Kanal Timur, Rabu (15/2) malam. Foto: metrosemarang.com/isnin yusuf

Sungai BKT tak mampu menampung kiriman air dari wilayah Semarang bagian atas hingga akhirnya meluap dan menggenangi permukiman.

“Ketinggian air sampai ke lutut orang dewasa, sampai ban mobil hampir tidak terlihat. Daripada yang kemarin, ini lebih besar banjirnya,” ujar Nurudin anggota Unit Bantuan dan Pertolongan Pramuka (Ubaloka), Kamis (16/2) dinihari.

Luapan Sungai BKT menggenangi permukiman warga di Sawah Besar. Foto: metrosemarang.com/isnin yusuf

Meski rumahnya terendam banjir, sejauh ini belum ada warga yang minta dievakuasi. Mereka masih ingin tinggal di rumah masing-masing untuk menjaga harta benda agar tidak hanyut terbawa arus banjir.

“Jika mereka minta untuk dievakuasi kami siap untuk membantu. Tadi baru ada satu lansia yang kami evakuasi dikarenakan lansia tersebut tidak bisa berjalan,” imbuh Nurudin.

Warga menyiapkan tanggul dari karung pasir untuk menahan luapan Sungai BKT. Foto: metrosemarang.com/ade kristandi

“Saya dan keluarga masih di rumah untuk menyelamatkan harta benda seperti surat tanah, buku nikah, ijazah,” tutur Parjo salah satu warga Sawah Besar yang memilih bertahan.

Arus banjir yang datang kali ini lebih besar dan deras. Ketinggian air mencapai hampir satu meter. Bahkan di beberapa lokasi bisa setinggi pinggang orang dewasa. (MG04)