Home > METRO BERITA > Belanja Langsung APBD Semarang 2018 Rp 3,551 Triliun

Belanja Langsung APBD Semarang 2018 Rp 3,551 Triliun

METROSEMARANG.COM – Nilai belanja Pemerintah Kota Semarang dalam APBD murni tahun 2018 telah ditetapkan mencapai total sebesar Rp5,170 triliun. Dari jumlah tersebut nilai belanja langsung yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat cukup besar yaitu sebesar Rp3,551 triliun.

Ilustrasi

Belanja langsung di antaranya berupa kegiatan proyek-proyek pembangunan seperti penanganan banjir, perbaikan jalan dan drainase, dan lain sebagainya. Sementara belanja tidak langsung mencakup belanja pegawai, hibah, bantuan sosial, bantuan keuangan parpol, dan belanja tidak terduga yang total besarnya mencapai Rp1,618 triliun.

Dari belanja tidak langsung tersebut pos anggaran belanja untuk pegawai menempati jumlah terbanyak sebesar Rp1,537 triliun. Sedangkan pos belanja untuk bantuan keuangan partai politik yang paling kecil sebesar Rp2,228 miliar.

Belanja langsung tahun 2018 tersebut mengalami kenaikan signifikan dibandingkan tahun 2017 sebesar Rp2,9 triliun, yakni bertambah sebesar sekitar Rp434 miliar. Kenaikan secara signifikan belanja langsung ini dinilai telah menunjukkan komitmen pemerintah kota atas keberpihakannya kepada kepentingan masyarakat.

‘’APBD Kota Semarang memang sudah seharusnya benar-benar memenuhi kebutuhan riil di masyarakat,” kata Anggota DPRD Kota Semarang Suharsono menanggapi kenaikan belanja langsung tersebut, Jumat (1/12).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengatakan kenaikan belanja langsung, menunjukkan adanya upaya Pemerintah Kota Semarang mengoptimalkan anggaran daerah agar lebih bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Semarang.

‘’Kami juga apresiasi karena belanja tidak langsung nilainya turun sekitar 11,54 persen dibandingkan pada anggaran murni tahun 2017,’’ ungkapnya. (duh)

Tinggalkan Balasan