Home > MUDIK 2014 > Belasan Angkutan Lebaran Tak Layak Jalan

Belasan Angkutan Lebaran Tak Layak Jalan

image
Ilustrasi

BAWEN- Sebanyak 16 bus gagal melewati uji kelayakan saat menjalani pemeriksaan di Terminal Bawen, Kabupaten Semarang, Selasa (22/7/2014). Belasan angkutan Lebaran tersebut diketahui melanggar karena tidak dilengkapi dokumen kendaraan seperti izin trayek dan melanggar kelaikan.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Semarang, Prayitno Sudaryanto mengatakan, kegiatan pemeriksaan kelaikannya tersebut adalah rangkaian dalam upaya pengamanan Lebaran.

Kepala Seksi Pengawasan dan Operasional, Unit Pelayanan Perhubungan Salatiga, Dishubkominfo Provinsi Jateng, Joko Setiawan menambahkan, dalam kegiatan tersebut ada 46 bus yang diperiksa dan 16 di antaranya diketahui melanggar.

“Pelanggaran tersebut antara lain tentang surat-surat dokumen kendaraan dan paling banyak izin trayek. Sementara pelanggaran kelaikan kendaraan paling banyak ban sudah mulai gundul dan rem kurang berfungsi maksimal serta tidak adanya alat pemecah kaca,” katanya.

Joko menambahkan, armada yang melanggar kelaikan  langsung dikenakan tilang dan diminta untuk memperbaiki. Selain kelengkapan armada, Dishub juga melakukan pemeriksaan sopir bus. Hasilnya, dari 125 yang diperiksa, semuanya dinyatakan layak mengemudi. (MS-14)