Belasan Rumah Rusak akibat Banjir Bandang Kendal

METROSEMARANG.COM – Banjir bandang yang terjadi di Kaliwungu dan Brangsong mengakibatkan belasan rumah rusak parah, lima di antaranya ambruk dan hanyut. Tidak hanya rumah sejumlah hewan ternak dan sepeda motor milik warga, juga ikut hilang diterjang derasnya banjir bandang pada Jumat (9/2) malam tersebut.

Kerusakan akibat banjir bandang Kendal. Foto: metrojateng.com

Sabtu (10/2) pagi warga mulai membersihkan lumpur yang mengendap di kampung dan rumah. Lokasi yang terparah akibat terjangan banjir bandang berada di Dusun Proto Wetan Desa Protomulyo, Kampung Citran dan kampung Mranggen Desa Kutoharjo dan Dusun Gelung Desa Magelung.

Sedikitnya lima rumah ambruk dan hanyut, sedangkan puluhan lainnya rusak. Endapan lumpur setinggi 10 centimeter terlihat di jalan masuk kampung dan rumah-rumah warga.

Barang-barang berharga milik warga banyak yang tidak dapat diselamatkan, karena banjir datang tiba-tiba dan berarus deras. Hewan ternak milik warga dan sepeda motor juga dilaporkan hanyut terbawa derasnya arus banjir.

Kasmadi warga Protowetan mengatakan saat kejadian hujan tidak berhenti dari jumat sore. “Tiba-tiba air dari atas mengalir deras menerjang rumah-rumah warga hingga ketinggian satu setengah meter,” katanya.

Bupati Kendal Mirna Annisa, Sabtu (10/2) pagi meninjau lokasi banjir dan memberikan bantuan kepada warga. Dari data BPBD Kendal lima rumah warga rusak parah sedangkan puluhan lainnya rusak.

“Pemkab akan menganalisa penyebab banjr bandang dan akan memperbaiki fasilitas umum yang rusak,” jelasnya. (metrojateng.com/MJ-01)