Home > METRO BERITA > Sosialita > Belinda: Inginkan Adanya Pusat Kajian Museum

Belinda: Inginkan Adanya Pusat Kajian Museum

Belinda - Duta Museum Jateng 2014 (foto: Metro Semarang/Ade Lukmono)
Belinda – Duta Museum Jateng 2014 (foto: Metro Semarang/Ade Lukmono)

UNTUK Pertama kalinya, Museum Jawa Tengah memiliki duta. Dialah Belinda, juara pertama untuk pemilihan Duta Museum Jawa Tengah 2014. Dia berhasil menjadi yang terbaik dari ratusan peserta yang mendaftar. Menjadi seorang duta museum merupakan keinginan dari dara cantik ini sejak dulu.

Sebelum menjalani prosesi pemilihan sebagai duta, Belinda harus memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya menulis esai mengenai pengembangan museum. “Dulu saya menulis tentang pusat kajian untuk museum. Saya memilih topik tersebut lantaran di Jawa Tengah belum ada pusat kajian untuk museum,” kata dia.

Setelah itu, barulah disaring dari 181 peserta menjadi 120. “Kemudian disaring lagi menjadi 45 peserta. Lalu dipilih 10 peserta terbaik,” terang sarjana hukum Universitas Muria Kudus (UMK) ini.

Menjadi Duta Museum tentu saja menambah tanggung jawab Belinda secara personal. “Dulu saya adalah Belinda yang biasa saja. Sekarang sebagai duta, saya mempunyai tanggung jawab untuk lebih mengenalkan museum pada masyarakat dan mengajak mereka untuk berkunjung ke museum,” kata dia.

Sekarang dia masih mendorong pihak-pihak terkait untuk membuat gagasan yang sesuai esainya, yaitu membentuk pusat kajian. Menurutnya, pusat kajian nantinya bisa dimanfaatkan untuk pengembangan dan penelitian museum serta benda-benda bersejarah lainnya. (ade)