Home > METRO BERITA > Bentuk UPTD Baru, Pemkot akan Lakukan Peremajaan Truk Sampah

Bentuk UPTD Baru, Pemkot akan Lakukan Peremajaan Truk Sampah

METROSEMARANG.COM – Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang akan memaksimalkan pengurusan sampah di Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Rencananya akan dibentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) di kecamatan untuk mengurus TPS.

Pemkot akan melakukan peremajaan truk sampah untuk meningkatkan pelayanan. Foto: metrosemarang.com

Nantinya akan ada 8 UPTD yang masing-masing membawahi dua kecamatan. Setiap kecamatan disediakan truk pengangkut sampah yang jumlahnya tergantung kebutuhan

”Jadi nanti kita dapat 90 kontainer (truk) baru untuk peremajaan. Kita inventariskan di 8 UPTD. Armada dan supirnya,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, Gunawan Saptogiri, Selasa, (7/2).

Soal waktu ritasi atau loading pembuangan sampah, akan disesuaikan dengan armada yang ada. Harapannya proses ritasi bisa dilakukan siang hari. Sebab kalau ritasi dilaksanakan malam hari maka berarti harus ada yang kerja malam.

Sedangkan untuk membuat truk pengangkut sampah tidak bau dan sampah tidak terjatuh di jalan, akan dilakukan pembenahan di 2018. Tahun depan akan dianggarkan pengadaan mesin cuci untuk ditempatkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

”Kita rencanakan di TPA akan ada mesin cucinya. Sehingga truk ke luar dari TPA bisa bersih,” jelasnya.

Dalam proses ritasi di setiap TPS, nanti juga ada pengukuran dan ketentuan volume sampah. Sebelum TPS penuh sampah harus sudah diangkut. ”Jadi kalau sudah ada UPTD nanti, saya harapkan jangan sampai ada penumpukan sampah,” tegasnya.

Untuk tidak menyebabkan bau dan menjaga keindahan, setiap TPS nanti juga akan dibuat tertutup. Dan bila perlu di setiap TPS ada satu petugas khusus yang membersihkannya. (duh)