Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Imlek Semarang > Berburu Manisan Segidelapan, Simbol Keberuntungan di Tahun Ayam Api

Berburu Manisan Segidelapan, Simbol Keberuntungan di Tahun Ayam Api

METROSEMARANG.COM – Beragam pernak-pernik Imlek laris diburu untuk menyambut datangnya Tahun Ayam Api. Manisan segidelapan salah satunya, yang dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan.

Manisan segidelapan dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan di Tahun Ayam Api. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Hengki, salah seorang penjual manisan ini menuturkan, angka delapan bagi masyarakat Tionghoa merupakan simbol keberuntungan. “Segidelapan punya arti tersendiri sebagai simbol keberuntungan. Harapannya agar tahun ini juga penuh keberuntungan,” kata dia saat ditemui di Pasar Semawis, belum lama ini.

Menurut Hengki, manisan segidelapan hanya ada setahun sekali. Buah dalam manisan yang dijualnya terdiri dari buah cermai atau lie merah dan lie kuning, plum, zaitun, nanas jeruk, ceri, arbutus, dan apricot. Satu paket manisan ini dibanderol Rp 45 ribu.

Sayang, omzet penjualannya tahun ini menurun dibanding sebelumnya. “Turunnya sekitar 20 persenan tapi masih tetap laku juga walau tidak seramai tahun lalu. Mungkin karena beberapa hari terakhir ini Semarang selalu diguyur hujan, jadi berpengaruh sama penjualan,” tutur pedagang yang sudah membuka lapak di gelaran Pasar Semawis sejak 10 tahun silam. (vit)