Home > METRO BERITA > Berkat Teknologi Ini, Petani Semarang Bisa Tanam Cabai pada Musim Kemarau

Berkat Teknologi Ini, Petani Semarang Bisa Tanam Cabai pada Musim Kemarau

METROSEMARANG.COM – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi membuka ‘Gerakan Tanam Cabai’ di Musim Kemarau dengan menggunakan Teknologi Instalasi Irigasi Tetes, di Kelurahan Podorejo Kecamatan Ngaliyan Semarang, Senin (28/3).  Kegiatan tanam cabai ini merupakan program Pemerintah Kota Semarang dalam hal ini Dinas Pertanian Kota Semarang.

Kegiatan Tanam Cabai tersebut diikuti oleh 6 kelompok tani yaitu  K.T. Makmur dari Kelurahan Podorejo Kecamatan Ngaliyan, K.T. Sido Rahayu Kelurahan Ngadirgo Kecamatan Mijen, K.T. Barokah Kelurahan Polaman Kecamatan Mijen, K.T. Gunungpati I Kelurahan Gunungpati Kecamatan Gunungpati, K.T. Sidodadi Kelurahan Cepoko Kecamatan Gunungpati, K.T. Ambar Arum Kelurahan Mangunsari Kecamatan Gunungpati.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memperhatikan tanaman cabai di Podorejo, Ngaliyan. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memperhatikan tanaman cabai di Podorejo, Ngaliyan. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Gerakan Tanam Cabai ini merupakan upaya pemkot agar kedepan ketersediaan cabai merata sepanjang tahun dan harga cabai tetap terjangkau. Teknologi instalasi irigasi tetes tersebut adalah efisiensi penggunaan air dalam budidaya, efisiensi tenaga kerja, efisiensi waktu pengelolaan usaha tani.

Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi mengatakan, kegiatan tanam cabai ini merupakan langkah taktis menekan sekaligus mengurangi salah satu pemicu tingginya angka inflasi. “Selama ini komoditi cabai memiliki kontribusi terhadap tingginya angka inflasi, hal ini karena belum meratanya jumlah pasokan sehingga berimbas langsung pada mahalnya harga jual cabe di pasaran,” kata dia.

Seperti diketahui bila musim hujan datang, produksi cabai banyak yang mengalami penurunan bahkan gagal panen. Untuk itu, tepat sekali kalau ada sebuah gerakan yang sifatnya masif, dengan menanam cabe di musim kemarau.

Dengan instalasi irigasi tetes air, Hendi menegaskan bahwa tidak perlu khawatir menanam cabai di musim kemarau. Saat ini, menurutnya, Dinas Pertanian Kota Semarang telah mempersiapkan sebuah teknologi  instalasi irigasi tetes (hemat air) karena dapat menghemat penggunaan air dalam budidaya cabai, menghemat tenaga kerja dan waktu pengelolaan usaha tani. (ade)