Home > Berita Pilihan > Berkedok Minta Sumbangan, ‘Pak Guru’ Satroni Puluhan Kos-kosan

Berkedok Minta Sumbangan, ‘Pak Guru’ Satroni Puluhan Kos-kosan

METROSEMARANG.COM – Ahmad Chanif alias Pak Guru (31) akhirnya diringkus Tim Reskrim Polsek Tembalang. Sebelumnya, dengan modus meminta sumbangan, dia dan komplotannya sukses menyatroni 25 lokasi yang kebanyakan adalah kos-kosan mahasiswa.

Komplotan pencuri spesialis kos-kosan. Foto: metrosemarang.com

Warga Dusun Tlogodowo, Wonosalam, Demak itu ditangkap bersama dua rekannya, Reno Prayitno (31) dan Abu Said (31), warga Dusun Panjunan, Desa Bonangrejo, Bonang, Demak.

Chanif dan Abu ditangkap saat hendak beraksi di rumah kos di Jalan Maesari IV, Tembalang, Selasa 20 Desember 2016 lalu. Namun, aksi tersebut gagal lantaran tepergok penghuni kos.

“Mereka ini spesialis rumah kos. Modus yang digunakan dengan berpura-pura meminta sumbangan,” kata Kapolsek Tembalang Kompol Subagyo, saat gelar perkara di Mapolsek Tembalang, Kamis (5/1).

Dari pengembangan kasus, polisi berhasil menangkap Reno dan menyita 25 laptop dan 3 handphone dari rumah para pelaku. Itu hasil dalam tiga bulan beraksi, semuanya belum dijual,” jelasnya.

Salah seorang pelaku, Abu Said mengaku untuk melancarkan aksi, mereka mendatangi rumah kos yang sudah menjadi sasaran dengan berpura-pura meminta sumbangan untuk pondok pesantren. Mereka juga melengkapi diri dengan baju koko dan tasbih untuk meyakinkan calon korban.

Setelah berhasil masuk, mereka akan berkeliling ke setiap kamar. Puluhan barang curian tersebut rencananya akan dijual Rp 1 juta hingga 2 juta per unit ke penadah. (MS-02)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link