Home > METRO BERITA > Bermodal Seragam AHM, Sumanto Raup Puluhan Juta

Bermodal Seragam AHM, Sumanto Raup Puluhan Juta

image
Ilustrasi

SEMARANG – Nyaru sebagai karyawan Astra Honda Motor (AHM), Eko Pijar Sumanto (31) nekat melakukan penipuan dengan modus mampu memasukkan seseorang sebagai karyawan Astra. Warga Wonosobo yang kos di daerah Majapahit, Kota Semarang tersebut akhirnya berhasil diringkus dan dijebloskan ke penjara.

Dalam beraksi, Eko berdalih bisa memasukkan orang sebagai karyawan Astra serta dengan iming-iming gaji tinggi. Ia terlihat meyakinkan dengan mengaku sebagai karyawan unit pengawasan AHM. Hal itu ditunjukkan dengan kartu identitas palsu komplit dengan baju berwarna putih biru bertuliskan Astra Honda Motor.

“Caranya ya saya tawari kerja di Astra. Syaratnya siapkan uang. Ada yang Rp 2 juta ada yang Rp 3 juta,” terang Eko saat ditemui di Mapolrestabes Semarang, Rabu (27/8).

Untuk meyakinkan korban, Eko juga memalsukan surat panggilan wawancara kepada korban. Tentu dengan stempel palsu pula.

Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Wika Hardianto mengatakan, sementara baru terdapat empat korban yang melapor kepada pihaknya. “Sementara baru ada laporan resmi empat orang. Kami terus kembangkan karena kemungkinan besar masih ada korban lain. Mungkin juga di luar Kota Semarang” ujarnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, Eko dikenai Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. (les)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link