Home > METRO BERITA > Bersenjata Pistol, Kawanan Ini Jarah Rumah Juragan Telur dan Sekap 14 Orang

Bersenjata Pistol, Kawanan Ini Jarah Rumah Juragan Telur dan Sekap 14 Orang

Barang bukti yang berhasil disita dari kawanan perampok pimpinan HT warga Jember. Foto Metrosemarang
Barang bukti yang berhasil disita dari kawanan perampok pimpinan HT warga Jember. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Kawanan perampok yang berhasil dilumpuhkan jajaran Ditreskrimum Polda Jateng, Rabu (10/12), bukan saja dikenal sadis. Mereka juga cukup profesional saat beraksi dengan pola kerja yang sistematis.

Dalam aksi terakhir di Cilongok, Banyumas pada Rabu (26/11) dinihari, kawanan yang beranggotakan 10 orang ini berhasil menjarah rumah juragan telur Casiwan Hari Sasongko (56), setelah menyekap 14 penghuni rumah. Mereka terdiri dari empat orang anggota keluarga korban, tiga pembantu rumah tangga, dua orang satpam, serta lima karyawan.

Kawanan yang diotaki HT warga Jember ini cukup taktis, sehingga aksi tersebut tak tercium tetangga korban. Setelah berhasil masuk dengan cara mencongkel jendela, penghuni rumah dilumpuhkan satu persatu. Dari 14 orang tidak ada yang berani melawan karena diancam akan dibunuh.

Mulut penghuni rumah ditutup kertas lem kemudian dilakban, tangan dan kaki diikat tali plastik, kemudian disekap di dalam kamar. Setelah sebagian penghuni dilumpuhkan pelaku menodongkan senjata api ke arah Casiwan Heri Sasongko untuk menunjukkan tempat penyimpanan uang.

Dalam aksi tersebut, mereka sukses menggasak uang tunai Rp 150 juta, dua laptop dan 11 handphone. “Siangnya kami survei dulu rumah target. Setelah itu, malam hari baru kami mulai beraksi,” tutur HT, saat digelandang ke Mapolda Jateng, Kamis (11/12) siang.

Lima anggota kawanan ini berhasil diringkus polisi di Jember. Sedangkan dua orang lainnya sudah lebih dulu dilumpuhkan Polres Banyumas dan tiga pelaku masih buron. Selain HT, empat orang lainnya yang berhasil diamankan adalah AN warga Purwokerto, SG warga Gombong Kebumen, KN warga Jember,  AZ warga Probolinggo.

“Kami cukup lama mengungkap kasus perampokan ini karena mereka selalu berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Mereka terpaksa kami tembak karena mencoba melawan saat akan ditangkap,” kata Dirreskrimum Polda Jateng Kombes Pol Purwadi Arianto.

Barang bukti berupa tiga buah parang, satu ponsel tablet, tiga buah lakban, uang jutaan rupiah dan satu unit mobil Kijang bernopol W 514 ND yang digunakan pelaku berhasil diamankan petugas. Saat ini, polisi terus memburu tiga anggota kawanan yang masih buron. (yas)