Home > METRO BERITA > Besok Malam Ki Hendrar Prihadi Ndalang di Semarang Selatan

Besok Malam Ki Hendrar Prihadi Ndalang di Semarang Selatan

Ki Hendrar Prihadi, Wali Kota Semarang sedang latihan ndalang untuk acara Jumat (29/8/2014) malam.  foto Metrosemarang
Ki Hendrar Prihadi, Wali Kota Semarang sedang latihan ndalang untuk acara Jumat (29/8/2014) malam. foto Metrosemarang
SEMARANG – Ki Hendrar Prihadi, Wali Kota Semarang kembali akan tampil sebagai dalang bersama dengan dalang Ki Joko Gatotkoco. Dalam acara yang akan dipentaskan di Sompok tepatnya di halaman Kantor Kecamatan Semarang Selatan Jalan Taman Sompok No 1 ini, membawa lakon ‘Semar Mbangun Jiwo’.
‘’Wali Kota Semarang akan mendalang dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 69 pada Jumat (29/8/2014) malam nanti jam 20.30 WIB,’’ kata Kabag Humas Setda Kota Semarang, Achyani, Kamis (28/8/2014).
Wali kota akan mengulangi penampilannya karena sebelumnya beberapa waktu lalu juga suskses menjadi dalang dalam pentas wayang kulit pakeliran padat di Kelurahan Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan. 
Semar Mbangun Jiwo merupakan cerita yang bisa dikaitkan dengan kondisi masa kini. Dalam hal ini sebagai sarana untuk mengingatkan bagaimana seharusnya pemimpin menjalankan pemerintahannya. Cerita ini syarat dengan makna yang bersifat konstruktif. Mungkin para pemimpin perlu sesekali mendengar, belajar, dan meneladani cerita ini. Karena membangun kayangan dapat dimaknai sebagai membangun negara yang aman, damai, makmur, dan sejahtera. Dimana diimulai dari membangun kepribadian pemimpinnya.
Untuk itu, diperlukan pribadi pemimpin yang berpegang teguh pada ‘kalimasada’, pada ajaran agama, undang-undang, dan peraturan yang berlaku di dalam negara. Mampu melindungi rakyatnya dengan ‘payung kencana’ yang menaungi, mengayomi, dan melayani. Dan berani menegakkan kebenaran dan memerangi keangkaramurkaan dengan ‘tombak’ keadilan.(MS-13)