Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Bhayangkara U-21 Panaskan Mesin Lawan Persikas

Bhayangkara U-21 Panaskan Mesin Lawan Persikas

METROSEMARANG.COM – Bhayangkara FC U-21 menggeber persiapan terakhir sebelum melakoni duel penentuan lawan Semen Padang. Armada Nova Arianto bakal memanaskan ‘mesin perang’ dengan meladeni tantangan Persikas Kabupaten Semarang di Stadion Citarum, Rabu (2/11) besok.

Rio Pradana dkk akan melakoni ujicoba terakhir lawan Persikas, Rabu (2/11) besok. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono
Rio Pradana dkk akan melakoni ujicoba terakhir lawan Persikas, Rabu (2/11) besok. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

Turnamen Indonesia Soccer Championship (ISC) U-21 mendekati akhir fase penyisihan grup. Dari Grup 1, persaingan memerebutkan posisi runner up terjadi antara Bhayangkara dan Semen Padang.

Kedua tim akan terlibat duel head to head pada laga pamungkas di Stadion Citarum, Minggu (6/11). Satu tiket dari grup ini sudah menjadi milik PS TNI yang kokoh di puncak klasemen dengan 17 poin.

Bhayangkara yang sudah mengemas 13 angka lebih diuntungkan ketimbang Semen Padang dengan dua poin lebih sedikit. Hasil imbang sudah cukup mengirim TM Ichsan dkk ke fase 8 besar mendampingi The Young Army.

Namun, pelatih Bhayangkara U-21 Nova Arianto tak ingin terpengaruh dengan posisi kedua tim di papan klasemen. Pelatih berkepala plontos ini tetap mempersiapkan pasukannya dengan target tiga poin atas Kabau Sirah Mudo.

Selama dua pekan terakhir sejak melibas Persija 4-2 pada 23 Oktober silam, tim milik Polri terus menggeber persiapan, termasuk dua laga ujicoba. Akhir pekan kemarin, armada Nova Arianto berbagi skor 1-1 saat menjajal Persiku Kudus di Stadion Wergu Wetan.

Selanjutnya, skuat Bhayangkara Muda dijadwalkan meladeni Persikas pada Rabu besok. Ini akan menjadi pertemuan kedua dalam sebulan terakhir, setelah pada 4 Oktober silam Bhayangkara menang dua gol tanpa balas lewat gol-gol Rendi Pradana.

Nova Arianto mengatakan, uji coba terakhir ini akan dimanfaatkan sebagai pemantapan strategi dan taktik. “Hasil evaluasi setelah menjajal Persiku, akan kami terapkan saat menghadapi Persikas. Kami berharap ada peningkatan, termasuk beberapa sektor yang memang ingin kami benahi,” katanya.

Vava, sapaan akrab Nova Arianto juga akan melihat kesiapan pemain dalam menjalankan strategi pelatih. Skema 4-2-3-1 sudah ditetapkan sebagai formasi baku untuk tim muda milik Polri ini.

Lini pertahanan juga masih jadi fokus pembenahan eks pembesut Madiun Putra, karena di laga terakhir kontra Persija gawang Bhayangkara dinilai terlalu mudah kebobolan. Apalagi Semen Padang sebagai calon lawan di laga terakhir babak penyisihan grup ISC U-21, memiliki lini depan yang tajam.

Pada pertemuan pertama di Stadion H Agus Salim, kedua tim harus puas mengakhiri pertandingan dengan skor kacamata. Tapi, saat itu kendali tim masih dipegang oleh Yusuf Ekodono.

“Kami harus fokus pada diri kami sendiri. Hasil di pertemuan pertama tidak bisa dijadikan ukuran kekuatan Semen Padang karena saat ini mereka sudah banyak berbenah,” tegasnya.

Sejauh ini Bhayangkara menjadi satu-satunya kontestan ISC U-21 yang belum tersentuh kekalahan. Tim ini mengukir tiga kemenangan dan empat hasil imbang.

Sebagai informasi, ISC U-21 diikuti 17 tim yang terbagi menjadi tiga grup. Dua peringkat teratas masing-masing grup dan dua tim peringkat tiga terbaik berhak lolos ke babak 8 besar.

Selain PS TNI, Persela Lamongan U-21 juga sudah memastikan diri menjadi wakil Grup 2 di perempatfinal. Laskar Joko Tingkir nyaman di puncak klasemen dengan 22 poin. Sedangkan Persegres Gresik dan Bali United menguntit di bawahnya dengan 15 poin.

Dari Grup 3, PSM Makassar (16 poin), Persipura Jayapura (13 poin) dan Pusamania Borneo FC (11 poin) menjadi tiga tim teratas dengan tiga laga tersisa. Namun, Mitra Kukar, Perseru Serui dan Persiba Balikpapan yang berada di bawahnya juga masih berpeluang menyodok ke papan atas. Grup ini digelar dengan format home tournament di Stadion Andi Mattalatta Makassar dan Stadion Mandala Jayapura. (twy)