Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > BI Batasi Penukaran Uang Baru Maksimal 10 Lembar

BI Batasi Penukaran Uang Baru Maksimal 10 Lembar

METROSEMARANG.COM – Diluncurkannya desain uang Rupiah baru yang masih terbatas membuat Bank Indonesia membatasi penukaran yang dilakukan masyarakat. Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan Wilayah BI Jateng, Eko Purwanto mengatakan, untuk uang kertas dibatasi hanya 10 lembar untuk masing-masing pecahan. Sementara untuk uang logam dibatasi satu rol.

Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan Wilayah BI Jateng, Eko Purwanto. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

“Kami lakukan pembatasan karena memang jumlahnya masih terbatas. Jika ada kiriman dari Jakarta, akan langsung kita distribusikan ke masyarakat,” kata dia usai peluncuran desain Uang Rupiah Baru di KPW BI Jateng, Senin (19/12).

Dia menambahkan, pendistribusian dilakukan melalui mobil kas keliling. Untuk desain uang Rupiah lama sudah tidak lagi dicetak, namun masih tetap berlaku hingga keputusan BI untuk melakukan penarikan.

“Keamanan di uang baru kami tingkatkan untuk mengantisipasi pemalsuan. Namun secara prinsip, untuk memastikan keaslian uang Rupiah baru dapat dilakukan sama halnya dengan uang lama, yaitu dilihat, diraba dan diterawang,” pungkasnya. (ade)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link